Tidak hanya satu, USAF kirim 2 B-52H ke Kualanamu Medan

F-16 TNI AU menyambut kedatangan pembom B-52H USAF dua_ airspace reviewTNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara AS mengirimkan dua unit pembom strategis jarak jauh B-52H Stratofortres ke Bandara Internasional Kualanamu di Medan, Sumatera Utara.

Kedatangan kedua pembom itu disambut oleh tiga pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 “Rydder” Lanud Roesmin Nurjadin, Riau, Pekanbaru.

Kedua pembom B-52H USAF terbang dari Pangkalan Udara AS di Guam pada hari Senin (19/6), kata Dispenau dalam keterangannya.

Dikatakan, pembom B-52H akan berpartisipasi dalam Latihan Bersama TNI AU dengan USPACAF, yang bertajuk “Interoperability Bomber Landing 2023”. Latihan dilaksanakan mulai Senin hingga Jumat, 23 Juni 2023 mendatang.

Dua pembom B-52 yang berasal dari Skadron pembom ke-23 USAF, menempuh penerbangan selama 7 jam sebelum akhirnya memasuki wilayah udara Indonesia.

Satu flight F-16 dengan call sign “Rydder-11” terbang dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru menyambut kedatangan dua pembom B-52H pada ketinggian 20.000 kaki, di wilayah udara Indonesia, hingga mendarat di Bandara Kualanamu, Medan.

Ketiga pesawat F-16 tersebut diawaki oleh Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira, Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, Kapten Pnb Hendra Zaimuddin, dan Lettu Pnb Defry Utama.

Latihan bersama “Interoperability Bomber Landing 2023” merupakan momentum yang bersejarah, karena untuk pertama kalinya pembom B-52 Stratofortress USAF dapat mendarat dan beroperasi di Indonesia.

Latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan dan kerja sama taktis antarkedua angkatan udara, sekaligus meningkatkan hubungan bilateral antarnegara yang sudah terjalin baik selama ini dalam menjaga stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

=Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *