KRI R.E. Martadinata-331 tembak Drone Scrab II dalam latihan di perairan utara Bali

KRI R.E. Martadinata-331 menembakkan target drone Scrab II di perairan utara Bali (1)Dok. TNI AL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – KRI R.E. Martadinata-331 melaksanakan penembakan terhadap target udara berupa Drone Scrab II di perairan utara Bali, Sabtu (29/4/2023).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapsiagaan operasional unsur, seperti disiarkan Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.

Dikatakan, penembakan menggunakan senjata strategis berupa Rudal Permukaan ke Udara (SAM) yang dilepaskan dari KRI R.E. Martadinata-331.

Scrab II yang menjadi sasaran tembak dikerahkan dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Drone ini diluncurkan dari geladak heli KRI Diponegoro-365

Setelah terbang, drone tersebut kemudian diintersep oleh rudal SAM dari jarak 20 km.

Usai menghancurkan sasaran udara seluruh KRI yang melaksanakan latihan membentuk konvoi melewati posisi kapal selam KRI Nanggala-402 yang telah berpatroli dalam keabadiannya (On Eternal Patrol), untuk melaksanakan penghormatan kepada para prajutinya yang gugur.

Selain menggerahkan KRI R.E. Martadinata dan KRI Diponegoro, dalam latihan tersebut TNI AL juga melibatkan sejumlah kapal perang dan satuan-satuan lain. Di antaranya adalah KRI Sultan Iskandar Muda–367, Skuadron 700 Puspenerbal, Tim Kopaska, dan Satuan Kapal Selam Koarmada II.

-RBS/JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *