Angkatan Laut AS akan jual 6 kapal LCS mereka, siapa berminat?

Littoral Combat ShipUS Navy

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut AS (US Navy) berencana menjual enam Kapal Kombatan Pesisir (LCS) mereka mulai tahun depan. Kapal-kapal tersebut baru beberapa tahun digunakan oleh US Navy.

Pada Tahun Fiskal 2024 US Navy akan menjual dua kapal LCS kelas Independence, yaitu USS Jackson (LCS 6) dan USS Montgomery (LCS 8). Kapal ini masing-masing mulai digunakan sejak tahun 2015 dan 2016.

Kemudian pada Tahun Fiskal 2025, US Navy akan menjual empat kapal LCS kelas Freedom, yaitu USS Wichita (LCS 13), USS Billings (LCS 15), USS Indianapolis (LCS 17), dan USS St Louis (LCS 19).

Keempat kapal LCS kelas Freedom relatif masih baru, yaitu baru digunakan dalam empat dan tiga tahun terakhir.

LCS 13, 15, dan 17 mulai digunakan sejak 2019. Sementara LCS 19 mulai digunakan sejak tahun 2020.

US Navy saat ini mengoperasikan 12 unit kapal LCS kelas Independence. Sementara empat lainnya masih dibuat atau sedang menjalani integrasi.

Kemudian ada 10 kapal LCS kelas Freedom dalam layanan aktif, dengan lima lainnya saat ini sedang dipasang atau disiapkan untuk memasuki layanan.

Angkatan Laut AS pertama kali secara terbuka mengangkat kemungkinan menjual sejumlah LCS mereka tahun lalu.

Layanan tersebut terus mencoba untuk menyelesaikan rencananya sendiri tentang apa yang harus dilakukan dengan kapal-kapal yang telah lama bermasalah ini, tulis The Drive.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *