Geran-2 dilaporkan jatuhkan Su-27 Ukraina, pilot Mayor Denis Kirilyuk tewas

Major Denis KirilyukIstimewa/AR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Drone kamikaze Geran-2 (Shahed-136) milik Rusia disebut-sebut telah menjatuhkan jet tempur Su-27 Ukraina hinga menyebabkan pilot Mayor Denis Kirilyuk tewas.

Tidak dijelaskan bagaimana cara drone Geran-2 itu menjatuhkan jet tempur Flanker milik Ukraina, tulis Bulgarian Military.

Berita tewasnya Kirilyuk pertama kali beredar di saluran Telegram yang kemudian dikonfirmasi oleh Brigade Penerbangan Taktis ke-831 Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pada saat yang bersamaan, media Rusia Izvestia mengklaim bahwa Mayor Denis Kirilyuk ditembak jatuh oleh drone Geran-2.

Media mengutip siaran pers dari Kementerian Pertahanan Federasi Rusia. Siaran pers tersebut mengatakan bahwa sebelumnya angkatan bersenjata Rusia mampu menembak jatuh satu helikopter Mi-8 Ukraina.

Mayor Denis Kirilyuk telah membukukan 80 misi tempur. Pada tahun 2022 ia dianugerahi “Order of Bravery” oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Brigade Taktis ke-831 melaporkan, pada malam tanggal 27 Maret Angkatan Bersenjata Rusia melancarkan serangan udara. Drone Shahed-136 serta bom udara digunakan Rusia dalam serangan di wilayah Kherson itu.

Brigade Taktis ke-831 menyebut, sebanyak 13 drone Shahed-136, satu drone pengintai Granat-4, dan dua KAB terlibat dalam serangan yang didukung oleh jet tempur Su-35.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *