Bayangkan saja dulu, USAF sedang mengembangkan pesawat C-130 dan C-17 tak berawak

C-130 dan C-17 Globemaster III_ USAF_ Airspace ReviewUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – Era pesawat angkut kargo tak berawak masa depan telah dipikirkan oleh Angkatan Udara AS (USAF). Peluang untuk menjadikan pesawat C-130 Hercules dan C-17 Globemaster III ini pun sedang dijajaki.

Diberitakan bahwa USAF telah memberikan kontrak kepada perusahaan teknologi Reliable Robotics untuk mempelajari kelayakan mengotomatisasi pesawat angkut C-130 dan C-17.

Boeing_contoh2

Hal itu dibenarkan oleh Reliable Robotics, perusahaan yang diberi kepercayaan untuk mengembangkan sistem otomasi di kedua pesawat tersebut.

Perusahaan pada 8 Februari menyatakan, pihaknya telah berkontrak dengan USAF untuk melaksanakan tiga fase Penelitian Inovasi Bisnis Kecil bekerja sama dengan Laboratorium Penelitian Angkatan Udara.

Kontrak itu diberikan USAF pada Mei 2021, April 2022, dan Oktober 2022, agar Reliable Robotics mengembangkan dan menguji teknologi otonomnya pada pesawat USAF yang ada.

Mayjen (Purn) David O’Brien, Wakil Presiden Senior Reliable Robotics, mengatakan dalam wawancara dengan Air & Space Forces bahwa pengembangan yang dilakukan mengarah pada pesawat masa depan di mana kargo dapat diterbangkan dengan pesawat tak berawak untuk penerbangan jarak jauh. Hal ini akan mengurangi kebutuhan awak pesawat dan meningkatkan fleksibilitas.

O’Brien menambahkan, kebutuhan pesawat angkut kargo tak berawak di masa depan menjadi sangat penting untuk beroperasi secara efektif di kawasan Indo-Pasifik.

Ia juga menjelaskan bahwa pemasangan sistem otomasi di pesawat tidak akan mengganggu kompartemen interior pesawat tersebut. Sebab sistem itu dipasang di bagian dinding dan langit-langit pesawat.

Reliable Robotics juga bekerja sama dengan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) untuk mendapatkan persetujuan keselamatan dari penerapan teknologi ini.

“Kami memiliki serangkaian tes dan tugas yang ingin kami pastikan kami memuaskan (Angkatan Udara),” kata O’Brien.

Bila hal ini dapat diwujudkan, maka nanti kita akan melihat pesawat-pesawat C-130 dan C-17 terbang membawa kargo dalam jumlah yang banyak, namun tanpa awak.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *