Beberapa tank T-14 Armata disiapkan untuk memasuki palagan Ukraina

T-14 ArmataIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di tengah maraknya bantuan militer besar-besaran AS dan sekutu NATO-nya kepada Ukraina (terutama tank tempur utama), Rusia dikabarkan tak gentar dan siap meladeninya.

Seperti diungkapkan intelijen Inggris, yang menyebutkan sejumlah kecil tank T-14 Armata sudah siap digunakan di pertempuran garis depan untuk pertama kalinya.

Meski demikian, disebutkan bila Moskow ‘masih ragu’ untuk menggunakannya, karena kondisi teknisnya yang belum sempurna 100 persen.

Menurut laporan Barat, Rusia memiliki masalah dengan mesin tank dan juga ditemukan masalah pada sistem pencitraan termalnya.

Pada 2021, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menggambarkan produksi yang direncanakan pada 2022 adalah sebagai batch percobaan.

Jadi tidak mungkin T-14 Armata produksi terbatas ini dapat dianggap telah siap sepenuhnya untuk digunakan dalam medan perang sebenarnya.

Melansir Bulgarian Military (25/1), Intelijen Inggris juga telah mengatakan bahwa jika Rusia menerjunkan T-14 Armata ke pertempuran, itu hanya bertujuan propaganda saja, karena penggunaan tank ini berisiko bagi tentara Rusia.

Angkatan bersenjata Rusia sendiri saat ini masih mengandalkan tank T-72, T-80, dan T-90M Proryv untuk perang mereka dengan Ukraina.

Sementara T-14 baru digunakan dalam simulasi latihan perang pada bulan November 2022 lalu, di tempat latihan militer di Kazan.

Sebuah Video bagian dari sesi pelatihan T-14 Armata telah diedarkan. Ini membuat analis berspekulasi bahwa Rusia bersiap untuk mengirim tank tempur utama terbarunya tersebut ke Ukraina.

Saat ini negara NATO yang telah positif mengirimkan MBT-nya adalah Jerman dan Polandia dengan Leopard 2 dan Inggris dengan Challenger 2. Amerika Serikat juga siap mengirimkan M1 Abrams ke Ukraina.

Andai seluruh tank tempur NATO (diharapkan Ukraina mencapai 300 unit) bertemu dengan T-72, T-80, dan T-90 Rusia, ini akan menjadikan pertempuran tank terdahsyat di era milenium.

Palagan di Ukraina ini akan menjadi saksi kehebatan antara tank Barat dan Rusia.

-RBS-

One Reply to “Beberapa tank T-14 Armata disiapkan untuk memasuki palagan Ukraina”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *