AL Myanmar dapatkan kapal patroli cepat buatan Israel

Super Dvora Mk. lllMyawady

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebagai bagian dari peringatan 75 tahun berdirinya Angkatan Laut Myanmar, pada 24 Desember 2022 lalu, mereka mendapatkan lima tambahan kapal baru.

Kapal yang diterima terdiri dari dua kapal patroli cepat Super Dvora Mk. III, dua kapal pendarat, dan satu unit kapal tanker air.

Upacara peresmian diadakan di Dermaga Angkatan Laut No. 3 di Yangoon, dihadiri oleh Ketua Dewan Administrasi Negara dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Khusus mengenai kapal patroli cepat Super Dvora Mk. lll buatan IAI Ramta Israel ini, Angkatan Laut Myanmar sebelumnya telah mengoperasikan empat kapal serupa sejak 2017.

Dua Super Dvora Mk.lll yang baru diterima tersebut mendapat nomor lambung 275 dan 276. Keduanya dibangun di bawah lisensi oleh Thanlyin Naval Dockyard di Myanmar.

Kapal patroli ini dipersenjatai dengan dua senapan mesin berat QJC-02G kaliber 14,5 mm. Satu dipasang di stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) buatan lokal, dan satu lainnya dioperasikan secara manual.

Untuk karakteristiknya, Super Dvora Mk.lll memiliki displacement 72 ton, panjangnya 27,4 m, dan lebar 5,6 m dengan ABKi 9-12 orang.

Kapal digerakkan menggunakan dua mesin Detroit Diesel MTU 12V-4000 M90 dengan total daya 4.175 hp. Kecepatan maksimumnya antara 45-50 Knot atau setara 83-93 km/jam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *