Ukraina terima rantis MSPV Panthera T6 produksi UEA

Panthera T6Twitter
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 28 Desember 2022, tampak kendaraan taktis lapis baja Panthera T6 sedang diangkut kereta api untuk dikirim ke Ukraina, seperti diunggah akun Twitter Ukraine Weapons Tracker.

Tak jelas siapa, lembaga, atau negara mana yang menyumbangkan Panthera T6 ini.

Saat ini, Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO lainnya merupakan penyumbang berbagai jenis alutsista termasuk kendaraan tempur dalam rangka bantuan militer ke Ukraina untuk berperang melawan Rusia.

Mengenai Panthera T6, ini adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) yang dirancang dan diproduksi Minerva Special Purpose Vehicles (MSPV), sebuah perusahaan yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pengembangan Panthera T6 didasarkan pada sasis Toyota Land Cruiser 79 berpenggerak 4X4 versi sipil yang terkenal tangguh di segala medan.

Panthera T6 ini selain sebagai pengangkut pasukan, dapat juga digunakan untuk misi patroli wilayah perbatasan atau angkut logistik.

Total delapan prajurit dapat diangkut, terdiri dari satu pengemudi dan komandan di kabin depan dan bagian belakang menampung enam pasukan.

Tingkat perlindungan balistik Panthera T6 berada pada level CEN1063/1522 BR6/FB6 atau BR7/FB7, yang tahan terhadap peluru senapan serbu dan ledakan granat tangan DM51.

Sebagai senjata bela diri, pada bagian atap kendaraan dapat dilengkapi dengan turret terbuka satu orang, dipersenjatai dengan satu senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *