Maroko setuju sumbangkan tank T-72B-nya yang di-upgrade di Ceko ke Ukraina

T-72B MarokoVia Dead District
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam negosiasi dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa, Kementerian Pertahanan Ceko meminta untuk memasok tank tempur utama (MBT) T-72B milik Maroko yang ditingkatkan (upgrade) di Ceko ke Ukraina.

Menurut situs berita Ceko Novinky.CZ pada 5 Desember 2022, tank T-72B Maroko tersebut di-upgrade oleh perusahaan Ceko, Excalibur Army.

Disebutkan, pihak Maroko telah menyetujui permintaan Republik Ceko dan menganggap perjanjian ini sebagai bantuan untuk pemerintah Ukraina.

Menurut informasi sumber terbuka militer, Militer Maroko saat ini memiliki 40 tank operasional T-72B buatan Rusia dan 62 lainnya disimpan dalam gudang.

Pada 4 November 2022, Amerika Serikat mengumumkan bantuan militer baru untuk Ukraina termasuk 45 tank T-72B yang dimodernisasi dengan optik baru, sistem komunikasi, dan paket lapis baja.

Lalu pada 5 November 2022, Kementerian Pertahanan Ceko mengonfirmasi bahwa industri pertahanan lokal akan merenovasi 90 tank T-72B dengan dukungan Belanda dan Amerika Serikat yang akan dipasok ke Ukraina.

Selanjutnya, pada 4 Desember 2022, situs Army Recognition melaporkan bahwa perusahaan Excalibur Army telah mengembangkan versi modern dari tank T-72 yang dilengkapi dengan pencitra termal, sistem penglihatan malam, dan lapis baja baru.

Dilaporkan, batch pertama dari lima tank T-72B upgrade akan dikirim dalam beberapa hari ke depan dan total 18 tank T-72 akan dipasok ke Ukraina pada akhir tahun 2022 ini.

Mengenai varian T-72B, ini adalah versi perbaikan dari T-72A yang mulai beroperasi dengan tentara Uni Soviet (diteruskan Rusia) pada tahun 1986. Ceko juga membuatnya berdasarkan lisensi.

Dalam hal perlindungan, T-72B upgrade untuk Maroko ini dilengkapi dengan kit ERA (Explosive Reactive Armor) yang dipasang di bagian depan dan samping lambung serta bagian depan dan atap turret.

Senjata utamanya kanon smoothbore 2A46M 125 mm. Persenjataan sekunder termasuk satu senapan mesin koaksial 7,62 mm dan satu senapan mesin berat NSV 12,7 mm yang dipasang di kubah komandan.

Kanon utama T-72B ini dapat menembakkan berbagai amunisi kaliber 125 mm serta meluncurkan rudal anti-tank 9M119 AT-11 Svir hingga jarak tembak maksimum 5.000 m.

-RBS-

One Reply to “Maroko setuju sumbangkan tank T-72B-nya yang di-upgrade di Ceko ke Ukraina”

  1. Fakta menunjukkan bhw negara” nato dan lainnya sudah terlibat secara tidak langsung dan langsung dlm perang Ukraina vs Russia. Jika terjadi perang nuklir yg dimulai dari pihak Russia, jangan banyak menyalahkan Russia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *