RTAF terima dua pesawat latih T-6TH Texan II dari AS

RTAF TERIMA 2 PESAWAT LATIH T-6TH TEXAN II - RTAF - AIRSPACE REVIEWAAG, RTAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Gelombang pertama terdiri dari dua pesawat latih Beechcraft T-6TH Texan II untuk AU Thailand atau Royal Thai Air Force (RTAF) telah tiba di Thailand.

Pesawat yang masih menggunakan nomor registrasi AS masing-masing N2273B dan N2792B ini, tiba di Pangkalan Udara Chiang Mai RTAF setelah terbang dari Amarillo, Texas dan berhenti di beberapa lokasi termasuk Kanada, Islandia, Inggris, Italia, Yunani, dan India.

Kedua pesawat secara resmi diterima oleh RTAF pada 14 November 2022 dan selanjutnya ditugaskan di Sekolah Pelatihan Terbang RTAF di Kamphaeng Saen di Provinsi Nakhon Pathom.

T-6TH akan menggantikan armada RTAF yang terdiri dari 19 pesawat latih Pilatus PC-9 yang telah beroperasi sejak tahun 1991.

Seperti diketahui, RTAF memesan 12 T-6TH pada Oktober 2020 di bawah kesepakatan senilai 162 juta dolar AS.

Sisa 10 pesawat lainnya akan dikirim ke Thailand melalui jalur laut menggunakan kapal kargo dan akan dirakit di Thailand oleh Thai Aviation Industries Co. Ltd. (TAI) sebagai perjanjian transfer teknologi.

Selain versi latih, Thailand juga telah memesan versi serang ringan AT-6 Wolverine, yang dijadwalkan untuk menggantikan pesawat serang ringan Aero Vodochody L-39ZA/ART Albatross.

Thailand adalah negara pengimpor pertama T-6 Texan II di kawasan Asia Tenggara, dan sebagai pengguna ke-11 secara global.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *