Republik Chechnya kirim selusin kendaraan lapis baja untuk perkuat pasukan Rusia

RANTIS AKHMAT DAN BORZ DARI CHECHNYA UNTUK PASUKAN RUSIA_ ISTIMEWA_ AIRSPACE REVIEWIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Video yang dipublikasikan di jejaring sosial Rusia VK pada 21 November 2022, memperlihatkan Presiden Republik Chechnya Ramzan Kadyrov sedang memeriksa pasukan dan kendaraan lapis baja yang akan dikirim ke Ukraina untuk memperkuat pasukan Rusia.

Sebanyak selusin kendaraan lapis baja diparkir berjajar tersebut termasuk Z-STS Akhmat 6X6 dan rantis Borz 4X4.

Z-STS Akhmat dibangun di atas sasis 6X6 dari KamAZ-5350 dengan Kamaz Typhoon MRAP yang diproduksi oleh perusahaan Rusia Remdiesel, Rusia.

Nama Akhmat diberikan untuk menghormati mantan Presiden Republik Chechnya Akhmat Kadyrov.

Kabin Akhmat dapat menampung 10 prajurit. Kendaraan dapat beroperasi pada suhu -50C hingga 50C dan beroperasi pada ketinggian 4.500 meter di pegunungan.

Sementara Borz adalah kendaraan lapis baja ringan berpenggerak 4X4 yang diproduksi oleh Industri Pertahanan lokal Chechnya. Kabinnya dapat menampung empat-lima prajurit.

Sejak awal perang, Republik Chechnya memang menunjukkan dukungannya kepada Rusia dengan mengirimkan pasukan ke Ukraina untuk berperang bersama tentara Rusia.

Resimen Bermotor Khusus Kadyrovite ke-141 bertempur bersama pasukan Rusia. Beberapa ratus pejuang telah bergabung dalam perang yang dimulai sejak Februari tersebut.

Pada 26 Februari 2022, Ramzan Kadyrov, Kepala Republik Chechnya, mengumumkan bahwa pasukan militer Chechnya telah dikerahkan ke Ukraina, dengan mendukung keputusan Vladimir Putin menyerbu Ukraina.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *