Usai batalkan heli Mi-17 Rusia, AS tawarkan 100 juta USD untuk program FMS kepada Filipina

CH-47FUS Army
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat telah menawarkan 100 juta USD kepada Filipina untuk pembiayaan program Penjualan Militer Asing (FMS).

Duta Besar Amerika Serikat untuk Filipina Mary Kay Carlson di atas kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76) mengumumkan hal itu pada hari Jumat.

Boeing_contoh2

Bantuan akan diberikan tahun depan kepada mitra tertuanya di Kawasan Indo-Pasifik tersebut.

Calrson mengatakan, bantuan tersebut dapat digunakan oleh Filipina untuk memperoleh helikopter angkut berat CH-47 Chinook buatan AS untuk mengimbangi kesepakatan yang dibatalkan dari Rusia Juni lalu.

Seperti diketahui, pada masa Presiden Rodrigo Duterte Filipina telah menandatangani kontrak senilai 12,7 miliar peso untuk memperoleh 16 helikopter angkut berat Mi-17 dari Rusia.

Setelah pemerintahan berganti, Filipina kemudian membatalkan kesepakatan dengan Rusia tersebut karena tidak ingin mendapatkan sanksi yang dijatuhkan oleh Washington.

Filipina telah membayar uang muka 2 miliar peso untuk helikopter Mi-17 dan tidak pasti apakah negara itu dapat memulihkan uang muka yang telah dibayarkan kepada perusahaan Rusia.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *