Pindad produksi kendaraan serbu amfibi FNSS Zaha di Bandung untuk Korps Marinir TNI AL

Zaha MarinirVia Defencehub

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 20 April 2022 lalu, PT Pindad telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan pertahanan Turki FNSS untuk potensi produksi kendaraan serbu amfibi Zaha di Indonesia.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Dirut PT Pindad Abraham Mose dan Country Manager FNSS Tolgo Sipahi, disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Penandatanganan MoU tersebut bertepatan dengan peluncuran Program Strategis Industri Pertahanan Indonesia dengan pembentukan holding BUMN industri pertahanan (Defend ID).

Sebelumnya, pada 10 Desember 2021 berlokasi di Ruang Auditorium Kantor Pindad, Bandung telah diadakan pembahasan kelanjutan kerja sama pembuatan kendaraan amfibi antara PT Pindad dengan FNSS yang juga dihadiri oleh Tim dari Mabes TNI Angkatan Laut.

Nantinya, produksi lokal kendaraan serbu amfibi Zaha ini ditujukan untuk memenuhi TNI Angkatan Laut akan kendaraan lapis baja baru untuk pendaratan amfibi dan pemulihan amfibi untuk Korps Marinir.

Mengenai Zaha MAV (Marine Assault Vehicle) adalah kendaraan lapis baja amfibi baru yang dikembangkan oleh FNSS dan diluncurkan pada 2019 untuk memenuhi persyaratan Angkatan Laut Turki serta pasar ekspor.

Kendaraan amfibi berbadan bongsor ini dioperasikan oleh tiga awak dan kapasitas untuk 21 pasukan bersenjata.

Zaha mampu diluncurkan dari kapal serbu amfibi dan memiliki kemampuan operasi siang dan malam dengan bantuan dari sistem penglihatan termal.

Sebagai alat pertahanan diri, Zaha dipersenjatai dengan stasiun senjata dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) yang dapat dilengkapi senapan mesin berat 12,7 mm dan peluncur granat otomatis kaliber 40 mm.

Akankah sosok Zaha produksi Bandung tampil di pameran pertahanan Indo Defence 2022 yang akan berlangsung pada 2-5 November di Jakarta International Expo, Kemayoran?

Yuk kita nantikan bersama.

-RBS-

One Reply to “Pindad produksi kendaraan serbu amfibi FNSS Zaha di Bandung untuk Korps Marinir TNI AL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *