Perusahaan India akan perpanjang masa pakai Su-30MKI hingga 35 tahun

IAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara India (IAF) telah memulai proyek untuk memperpanjang masa pakai jet tempur Su-30MKI, dari 25 tahun menjadi 35 tahun.

Pengerjaan usia pakai jet buatan Rusia ini akan dilakukan oleh perusahaan dalam negeri India yang telah mempunyai pengalaman dan reputasi.

Boeing_contoh2

IAF saat ini memiliki sekitar 260 Su-30MKI yang mulai dioperasikan sejak tahun 2002.

Dalam Expression of Interest (EOI) yang dikeluarkan pada 4 Oktober, IAF telah menetapkan bahwa hanya perusahaan dalam negeri India dengan pengalaman yang diperlukan yang dapat berpartisipasi dalam proyek tersebut.

Program ini akan dilaksanakan di Depot Repair Base 11 yang terletak di Nashik.

Seperti diberitakan The Tribun, pengerjaan akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan melibatkan studi masalah struktural pesawat dan analisis data penerbangan.

Ini termasuk menghilangkan korosi dari badan pesawat, memperbaiki dan memperkuat area bantalan beban tertentu, serta beberapa modifikasi struktural.

Boeing

Fase kedua, mitra industri menyediakan dan bertanggung jawab atas proses dan kontrol kualitas, pengadaan tenaga kerja, peralatan, dan bahan habis pakai.

Perusaan akan melakukan pemeriksaan perpanjangan masa pakai pada pesawat di bawah pengawasan ketat depot.

Pada tahap ketiga, pemeriksaan perpanjangan umur untuk sisa pesawat akan dilakukan secara mandiri oleh industri sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Menurut EOI, tiga hingga lima pesawat akan menjalani pemeriksaan perpanjangan masa pakai per tahun.

Jet Su-30MKI dirakit oleh Hindustan Aeronautics Limited, yang juga telah terlibat dalam beberapa proyek peningkatan yang dilakukan pada pesawat selama dekade terakhir.

Di antara modifikasi paling signifikan dari Su-30 adalah mengadaptasinya untuk meluncurkan versi udara dari rudal jelajah supersonik Brahmos dengan jarak jangkau sekitar 500 km.

Selain itu, Su-30MKI juga telah menjalani upgrade avionik, perangkat lunak misi, dan subsistem lainnya dari berbagai sumber dari dalam negeri India maupun dari asing.

Dengan segala upgrade yang telah dilakukan ini, Su-30MKI menjadi salah satu jet tercanggih di kawasan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *