Jemput bola ke Afrika, ini barang dagangan Rosoboronexport di AAD 2022

Sistem Persenjataan Rusia_ ROE_ Airspace ReviewROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Benua Afrika merupakan salah satu kawasan pasar bagi sistem persenjataan Rusia. Tak heran bila dalam penyelenggaraan Africa Aerospace & Defense (AAD) 2022, Rosoboronexport (ROE) hadir menawarkan produk-produk mutakhir industri pertahanan Negeri Beruang.

Di pameran yang dilaksanakan pada 21-25 September di Air Force Base Waterkloof Centurion di Pretoria, Afrika Selatan ini, ROE menghadirkan sejumlah persenjataan baik secara fisik wujud aslinya maupun dalam bentuk model skala.

Produk-produk yang ditawarkan di antaranya MBT T-90S, sistem penyembur api berat TOS-1A, sistem peluncur roket ganda Smerch, Msta-S SPH 155 mm NATO, pengangkut personel lapis baja BTR-80A dan BTR-82A, berbagai versi kendaraan lapis baja beroda Tigr dan Typhoon, dan sistem ATGM Kornet-EM.

Di sektor senjata kecil, ROE memamerkan senapan serbu Kalashnikov AK-100-, AK-200- series, AK-12, AK-15 dan AK-19, dan peralatan pelindung tubuh.

ROE juga menawarkan jet tempur multifungsi MiG-35D, jet latih canggih Yak-130, helikopter militer/transportasi Mi-17, helikopter transportasi/serangan Mi-35, Ka-52E, dan helikopter serang Mi-28NE.

Dari sektor kendaraan udara tak berawak, ROE menawarkan Orion-E UAS, Orlan-10E, dan sistem amunisi berkeliaran (drone kamikaze) Kub-E terbaru.

Untuk sistem pertahanan udara, ROE menawarkan sistem rudal pertahanan udara tercanggih saat ini S-400 Triumf dan Buk-M2E.

Ada juga sistem rudal permukaan ke udara (SAM) Tor-M2E, sistem senjata antipesawat self-propelled (SPAAG) ZU-23, sistem senjata/rudal antipesawat self-propelled Pantsir-S1, sistem Verba dan Igla-S man-portable air defense system (MANPADS).

Lalu ada juga sistem peperangan elektronik Repellent-Patrol dan RB-504P-E yang dirancang untuk melawan UAV ukuran kecil.

Untuk sektor maritim, ROE menawarkan boat patroli cepat BK-9, BK-10, BK-10M dan BK-16E. Selain itu, ada juga korvet rudal Karakurt-E dan kapal patroli Project 22160.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheev megnatakan, Afrika Sub-Sahara merupakan salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan kerja samanya dengan Rusia.

“Afrika Sub-Sahara sekarang berada di antara pemimpin pertumbuhan dalam tingkat dan kualitas kerja sama militer-teknis dengan Rusia. Rosoboronexport telah mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan hampir semua negara bagian di kawasan,” ujarnya dikutip dari siaran pers ROE.

Ditambahkan, Rosoboronexport membantu memperkuat kemampuan pertahanan dan kedaulatan dalam memerangi kejahatan terorganisir dan terorisme.

Dikatakan bahwa dalam pameran AAD 2022 Rosoboronexport menampilkan sekitar 400 produk Rusia terbaik untuk semua cabang angkatan bersenjata, polisi, unit kemanan, unit siber, dan unit operasi khusus.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *