F-15C dipensiunkan oleh AS, lalu ke mana jet tempur ini selanjutnya?

F-15CUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah lima puluh tahun mengabdi, armada jet tempur F-15C Eagle mulai dipensiunkan oleh Angkatan Udara AS (USAF). Pertanyaan sifnifikan, ke mana pesawat ini setelah tidak lagi digunakan USAF?

Bagi USAF sendiri, armada F-15C memberikan arti istimewa. Selama pengoperasiannya, pesawat ini tak terkalahkan di medan pertempuran dan penggunaannya yang hingga setengah abad.

Hal ini menyiratkan bahwa armada Elang begitu tangguh dan tidak banyak masalah dalam perawatannya.

Lalu setelah dipensiunkan, pesawat ini akan beristirahat di mana?

AS punya banyak tempat untuk penyimpanan pesawat, seperti di gurun Arizona yang kering. Namun apakah pesawat ini akan disimpan di sana atau dijual ke negara-negara peminat.

Pada 11 September 2016, delapan F-15 Eagle dari Kingsley Field ditransfer langsung ke Angkatan Udara Israel (IAF) setelah dipensiunkan. Di IAF, pesawat-pesawat tersebut masih terbang hingga hari ini.

“Beberapa jet kami dijadwalkan untuk pensiun dan akan dibawa ke pemakaman. Salah satu opsi yang muncul adalah program FMS (Foreign Military Sales),” kata Letnan Kolonel Matthew Thomas dari USAF.

Pesawat lainnya telah ditransfer ke National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk dijadikan pesawat Chase Planes, membantu menangkap data penelitian untuk platform udaranya.

Kingsley Field, salah satu pangkalan milik USAF, memiliki tiga model jet yang pernah digunakan. Pesawat-pesawat tersebut kemudian dipindahkan ke museum setelah pensiun untuk tampilan statis maupun dibuatkan sebagai monument di beberapa pangkalan.

Selain F-15, ada F-4 Phantom II dan F-16 Fighting Falcon yang telah dipindahkan ke museum.

Museum Nasional USAF juga memiliki F-15 dari Kingsley Field untuk kemudian dipindahkan ke komunitas lokal Klamath Falls, Oregon.

Sejak tahun 1998, Wing Tempur ke-173 di Kingsley Field, Klamath Falls, Oregon, telah menerbangkan F-15 Eagle dalam varian A/B dan C/D. Pesawat tersebut saat ini hampir semuanya pensiun.

Diakui USAF, pada akhirnya memang banyak jet yang pensiun disimpan di gurun Arizona yang cerah yang sering disebut sebagai Boneyard atau kuburan pesawat.

Grup Pemeliharaan dan Regenerasi Aerospace, akan mengambil pesawat-pesawat tersebut apabila diperlukan suatu saat kelak. Baik untuk diaktifkan lagi dan dijual ke negara lain yang berminat maupun untuk kepentingan lainnya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.