AS ratifikasi dukungan untuk Swedia dan Finlandia bergabung ke NATO

Bendera Swedia Finlandia dan AmerikaMoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Senat Amerika Serikat telah meratifikasi dukungannya terhadap Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi NATO.

Presiden Joe Biden akan segera menandatangani ratifikasi dukungan itu untuk menggerakkan kedua negara Nordik segera bergabung dengan NATO.

Untuk dapat bergabung dengan NATO, semua 30 anggota NATO harus meratifikasi anggota baru sebelum mereka dapat dinyatakan sah bergabung.

Meski Swedia dan Finlandia sebelumnya tidak memihak ke suatu pakta pertahanan, keduanya adalah anggota Uni Eropa dan memiliki peran sebagai negara pengamat di NATO melalui sistem Kemitraan untuk Perdamaian yang memungkinkan kerja sama dengan aliansi tanpa benar-benar bergabung.

Finlandia dan Swedia mengumumkan untuk bergabung dengan NATO masing-masing pada 12 dan 16 Mei 2022. Keduanya secara bersamaan mengajukan permohonan secara resmi   pada 18 Mei.

Sejauh ini, 22 negara telah menyetujui permintaan Swedia dan Finlandia sebelum AS memberikan suaranya.

Mereka adalah Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Denmark, Estonia, Jerman, Islandia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Montenegro , Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Rumania, Slovenia, Perancis, Italia, dan Amerika Serikat.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *