Jelang kunjungan Pelosi ke Taiwan, China gelar latihan militer besar

Latihan penembakan rudal dari kapal PLANPLA Handout

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar latihan militer besar dengan melakukan penembakan langsung pada hari Sabtu di provinsi tenggara Fujian, di seberang selat dari Taiwan.

Latihan digelar dari jam 08.00 pagi pagi hingga jam 21.00 malam, kata Administrasi Keselamatan Laut Kabupaten Pingtan, seperti diberitakan Sputnik.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan mengenai latihan tempur di area maritim yang ditentukan dan ditutup bagi semua kapal.

Di tempat lain, PLA juga telah menggelar latihan militer pada hari Jumat, yaitu di bagian barat Selat Hainan yang memisahkan Provinsi Guangdong dari Pulau Hainan, dekat sebuah pulau di selatan Guangdong.

Latihan militer ini berlangsung menjelang peringatan 95 tahun pendirian PLA serta dikatikan dengan rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, yang menurut Beijing tidak dapat diterima.

Awal bulan ini, media melaporkan bahwa Pelosi akan mengunjungi Taiwan pada bulan Agustus.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, terkait kunjungan Pelosi ke Taiwan, Beijing akan mengambil tindakan tegas untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Ditambahkan, AS harus bertanggung jawab penuh atas semua konsekuensi yang dihasilkan dari kunjungan tersebut.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *