Pesawat A320 Citilink mendarat lagi setelah mengudara, pilot meninggal

ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat A320 Citilink rute Surabaya-Makasar nomor penerbangan QG 307 yang telah mengudara kembali mendarat di Bandara Juanda, Surabaya karena pilotnya sakit di pesawat.

“Pesawat take off pukul 06.10 WIB dan mendarat kembali pukul 06.56 WIB,” ujar Humas PT Angaksa Pura (AP) I Bandara Juanda Yuristo Ardi Hanggoro, Kamis, 21 Juli 2022.

Boeing_contoh2

Dikatakan, setelah pesawat itu mendarat darurat, penanganan terhadap pilot dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Setelah mendapatkan penanganan, pilot Citilink itu dikabarkan meninggal.

Menurut keterangan kepada media, pilot pesawat Citilink yang meninggal tersebut adalah Capt. Boy Awalia (48). Pesawat yang digunakan saat itu beregistrasi PK-GLW.

Sementara itu, Citilink membenarkan bahwa salah satu pilotnya telah meninggal dunia saat melaksanakan penerbangan untuk rute Surabaya ke Makassar pada hari Kamis.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia,” ujar Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi kepada media.

Dewa mengatakan saat itu petugas darat bersama seluruh stakeholder di bandar udara Juanda Surabaya telah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik, dan pilot telah ditangani oleh pihak dokter di rumah sakit terdekat.

“Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan,” jelasnya.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *