Mengintip kapal induk helikopter rancangan PT PAL

Kapal Induk Helikopter rancangan PT PALPT PAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pengalaman panjang PT PAL dalam membuat kapal jenis LPD (Landing Platform Dock) membuat pabrik kapal pelat merah ini semakin percaya diri dalam pembuatan kapal militer berukuran besar.

Sekitar tahun 2013, PT PAL pernah memperlihatkan desain kapal jenis LPH (Landing Perform Helikopter) yang dikenal juga sebagai LHD (Landing Helicopter Dock) atau LHA (Landing Helicopter Assault).

LPH atau Kapal Induk Helikopter rancangan PT PAL ini direncakan bisa membawa enam helikopter kelas ringan. Juga bisa mengangkut tank amfibi dan 1.800 prajurit.

Kapal LPH ini tak hanya digunakan untuk menjalankan tugas militer atau perang, namun bisa juga digunakan untuk misi sipil.

Digunakan untuk misi kemanusiaan, seperti membawa perbekalan makanan atau bantuan peralatan saat terjadi bencana alam.

Dalam keadaan darurat, bisa pula digunakan sebagai rumah sakit terapung atau tempat penampungan atau memindahkan pengungsi yang terdampak bencana.

Desain LPH yang ditampilkan pada 2013 ini memiliki LOA (length over all) 190 m, length in waterline 183,54 m, breadth 30,5 m, draught (full Load) 7 m dan displacement (full load) 35.000 ton.

Kecepatan jelajah LPH 190 ini ditargetkan mencapai 15,5 knot dengan jangkauan operasi sejauh 31.484 km.

Tak hanya LPH 190, PT PAL kembali memperkenalkan desain LPH barunya lebih panjang lagi yang dapat menampung hingga delapan helikopter kelas ringan/medium.

Desain LPH dengan panjang 244 m dipertunjukkan saat Kongres Teknologi Nasional 2018 yang diselenggarakan di gedung BPPT (kini melebur ke dalam BRIN).

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dalam hal ini TNI AL, LPH 244 juga ditawarkan untuk ekspor terutama di kawasan Asia dan Timur Tengah.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *