Angkatan Udara Spanyol berganti nama menjadi Angkatan Udara dan Antariksa

Spanish Air and Space ForceSpanish MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sama halnya dengan Perancis, Angkatan Udara Spanyol telah resmi berganti nama menjadi Angkatan Udara dan Antariksa Spanyol.

Dewan Menteri Spanyol pada 30 Juni 2022 menyetujui Keputusan Kerajaan tersebut.

Penggantian nama dari Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara dan Antariksa, didasari akan semakin pentingnya ruang angkasa di bidang kedirgantaraan masa depan.

Dikatakan bahwa Angkatan Bersenjata dan khususnya lagi Angkatan Udara yang mampu memantau ruang angkasa, menjamin keamanan dan kebebasan bertindak untuk kepentingan nasional.

Angkatan ini akan memerlukan pengembangan dan pemberdayaan progresif dari ruang angkasa dan juga sistem pesawat ruang angkasa, tulis Kementerian Pertahanan Spanyol dalam rilisnya.

Ditambahkan bahwa Angkatan Udara dan Antariksa Spanyol dinilai sebagai bagian yang paling terlihat dan representatif dari upaya untuk beradaptasi dengan domain ruang baru sesuai perkembangan zaman.

Selain Perancis dan Spanyol, Rusia telah lebih dulu membentuk Angkatan Kedirgantaraan Rusia (Russian Aerospace Forces/VKS) sebagai gabungan dari Russian Air Force (VVS) dengan Russian Aerospace Defence Forces (VVKO) di tahun 2015.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *