banner roe

Perang Rusia – Ukraina dorong Ceko untuk membeli F-35

F-35AUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Terjadinya perang besar antara Rusia dengan Ukraina sejak 24 Februari 2022 telah mendorong pemerintah Ceko untuk mempertimbangkan pembelian jet tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat.

Saat ini Angkatan Udara Ceko mengoperasikan 14 unit Gripen C/D dengan sistem sewa dari Saab Swedia yang akan berakhir masa sewanya pada 2027 mendatang.

Sebelumnya, Praha berencana untuk melanjutkan sewa pesawat Gripen C/D atau membeli varian terbaru Gripen E/F dari Saab.

Namun, mempertimbangkan berbagai ancaman di masa depan, tampaknya Ceko akan mengambil keputusan membeli F-35, walaupun keputusan tersebut saat ini belum dibuat, menurut media lokal.

Sementara itu, mendengar beredarnya informasi di mana Ceko mempertimbangkan untuk mengakuisisi F-35, Duta Besar Swedia untuk Republik Ceko Fredrik Jörgensen dalam wawancara dengan Seznam Správy menyatakan, Praha dapat menyimpan pesawat tempur Saab 39 Gripen yang disewa dari Swedia secara gratis.

Berita itu muncul saat dimintai tanggapannya oleh media yang menyebut Ceko akan beralih dari Gripen dan membeli sedikitnya 24 F-35 dari Amerika.

Di sejumlah negara, F-35 memang kerap menjadi pesaing utama Gripen. Dengan hadirnya F-35 dalam sebuah kompetisi tender, Gripen biasanya akan tersingkir. Paling tidak hal ini terjadi di Swiss dan Kanada.

Pada tahun 2014 silam, pemerintah Republik Ceko dan Swedia menandatangani perjanjian baru untuk memperpanjang kesepakatan sewa negara NATO untuk 14 Gripen C/D selama 12 tahun.

Setahun berikutnya, Ceko memutuskan untuk meningkatkan armadanya ke konfigurasi MS20. Peningkatan sistem MS20 ini selesai pada 2018.

Terhadap F-35, Praha sebenarnya disebut masih belum mengambil keputusan bulat. Sebab, mengoperasikan jet siluman buatan Lockheed Martin itu memerlukan biaya perawatan dan biaya operasi yang besar.

Namun, situasinya telah banyak berubah dan perang yang sedang berlangsung di Ukraina serta perubahan signifikan dalam situasi keamanan di Eropa Timur, tulis media, diduga telah mendorong pesawat generasi ke-5 berada di daftar pilihan puncak pemerintah Ceko.

Dengan mengoperasikan F-35, sistem persenjataan ini akan langsung terintegrasi dengan sistem persenjataan NATO.

Faktanya memang banyak negara Eropa lainnya yang kini beralih ke F-35. Beberapa negara bahkan telah beralih dari jet tempur lamanya seperti F-16 atau jet tempur buatan Soviet ke F-35.

Minat yang signifikan terhadap F-35 ini telah telah dikonfirmasi oleh J.R. McDonald, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis F-35 di Lockheed Martin.

Pada hari pembukaan ILA Berlin Air Show 2022 minggu lalu, ia mengatakan bahwa awalnya Lockheed Martin menawarkan F-16 Block 70/72 dan F-35A kepada Ceko.

Dan rupanya, menyesuaikan dengan kondisi saat ini serta ke depan, tampaknya Ceko akan memilih F-35A, kata dia.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.