Ini dia Kargi, drone kamikaze terbaru buatan Turki

Kargi droneIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Diberi nama Kargi (Tombak), inilah drone kamikaze terbaru buatan industri pertahanan Turki, Lentatek.

Drone ini pertama kali dipamerkan kepada publik sebelum digunakan dalam latihan militer EFES-2022 pada 20 Mei – 9 Juni lalu di Distrik Sefeihisar, Izmir.

Latihan multinasional EFES-2022 diikuti oleh sejumlah negara sahabat melibatkan total 10.000 personel militer.

Mengutip Daily Sabah, proyek kendaraan udara tak berawak Kargı diprakarsai oleh Lentatek dengan dukungan dari Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBITAK).

Proyek ini telah dimulai beberapa tahun yang lalu di mana prototipe Kargi berhasil melaksanakan penerbangan perdananya pada tahun 2018.

Selain didukung oleh TUBITAK, proyek Kargi juga didukung oleh dua industri besar Turki yaitu Aselsan dan Turkish Aerospace (TA).

Kargı memiliki kemampuan untuk menekan dan menghancurkan sistem radar pertahanan udara dan senjata permukaan ke udara musuh yang terintegrasi.

Menurut perusahaan, drone ini akan segera diproduksi setelah digunakan dalam latihan militer.

Semua sistem yang digunakan pada drone ini, lanjutnya, menggunakan komponen hasil pengembangan dalam negeri termasuk dalam hal perangkat lunaknya.

Untuk tenaga penggerak, Kargi menggunakan mesin PG50 hasil pengembangan oleh Tusaş Engine Industries (TEI), anak perusahaan TA.

Drone ini diharapkan dapat menggantikan peran UAV kamikaze Harpy buatan Israel.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *