Sama-sama gabung ke NATO, Finlandia dan Swedia jalin kerja sama pertahanan

Finnish Hornets and Swedish GripensFinnish Air Force

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selain sama-sama telah mengajukan proposal untuk menjadi anggota NATO, Finlandia dan Swedia juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperkuat pertahanan dan memperdalam kerja sama bilateral antara kedua negara dalam semua situasi keamanan.

MoU tersebut menjadi dasar kerja sama operasional di masa damai dan akan membuat kesepakatan tentang dukungan negara untuk latihan lebih fleksibel, tulis Kementerian Pertahanan Finlandia dalam pernyataannya.

Dikatakan, Host Nation Support (HNS) merupakan langkah-langkah yang disepakati secara terpisah untuk diambil oleh negara tuan rumah guna mendukung kemampuan pasukan negara lain.

Dukungan negara tuan rumah disediakan dalam semua situasi keamanan.

Bagi Finlandia, kerja sama dengan Swedia akan meningkatkan kemampuan praktis guna memastikan bahwa bantuan militer dapat diterima secara efektif.

Situasi keamanan saat ini, tulis pemerintah Finlandia, telah mempercepat pengembangan pengaturan dukungan negara tuan rumah antara Finlandia dan Swedia pada tahun 2022 sebagai bagian dari kerja sama pertahanan yang diperdalam antara kedua negara.

Belum dijelaskan secara detail, bentuk kerja sama seperti apa yang akan diimplementasikan oleh kedua negara.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *