banner roe

Thailand siap ekspor First Win MRAP ke Filipina

Chaiseri First Win MRAPVia AAG

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dilaporkan Angkatan Bersenjata Filipina memiliki kebutuhan sekitar 900 kendaraan jenis MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) untuk digunakan sebagai penjaga misi keamanan dan anti-pemberontakan.

Salah satu produsen yang tertarik untuk memasoknya adalah perusahaan Chaiseri Metal & Rubber Co. Ltd. dari Thailand.

Mereka telah menawarkan kendaraan MRAP First Win 4X4, sebanyak 200 unit kendaraan siap produksi.

Untuk hal ini Chaiseri telah berkolaborasi dengan DTI (IniInstitut Teknologi Pertahanan) guna mendukung ekspor produk industri pertahanan lokal buatan negeri Gajah Putih ini.

Chaiseri juga telah melakukan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Filipina pada 12 Mei 2022 guna membuka jalan ekspor First Win.

Jika ini berhasil, maka Filipina akan menjadi negara ketiga di ASEAN (di luar Thailand) yang menggunakan produk Chaiseri First Win.

Pertama adalah Malaysia sebagai Deftech AV4 Lipan Bara 4×4 yang dibuat berdasarkan lisensi dan Indonesia sebagai Hanoman 4×4 yang digunakan oleh Kopassus TNI AD.

Negara pengguna lain datang dari Asia Selatan yakni Bhutan. Mengoperasikan 15 kendaraan untuk misi penjaga perdamaian PBB di Republik Afrika Tengah.

Mengenai MRAP First Win, proyek pengembangaannya dimulai pada 2007 dan pada 2013 kendaraan telah mendapatkan kontrak pertama untuk memasok kebutuhan militer dalam negeri.

Pada 2014, 62 unit First Win dikirimkan ke tentara Thailand. Disusul kemudian versi ekspor ke Malaysia dalam jumlah yang dirahasiakan.

Untuk spesifikasinya, First Win dapat membawa sembilan prajurit dan muatan 2 ton.

Kendaraan dengan bobot 12,5 ton digerakkan mesin diesel berdaya 296 hp.

Kecepatan maksimumnya 110 km/jam, jangkauan operasi sejauh 650 km dengan tangki bahan bakar penuh 240 liter solar.

Tingkat perlindungan balistiknya berada pada STANAG 4569, dan STANAG 4569 Lv3b/4a untuk perlindungan terhadap ranjau dan IED.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.