FAA cabut lisensi pilot YouTuber yang sengaja buang pesawat di udara

Pilot YouTuber sengaja membuang pesawatnya di udara untuk mendapatkan LikeYouTube
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Administrasi Penerbangan Federal (FAA) telah mencabut lisensi seorang pilot asal California yang juga mantan atlet Olimpiade karena dengan sengaja membuang pesawat Taylorcraft BL-65 yang diterbangkannya di udara.

Sang pilot keluar dari pesawat setelah mematikan mesin dan terjun menggunakan parasut.

Sebelumnya, ia telah memasang sejumlah kamera di pesawat untuk merekam pesawat tersebut jatuh dan menabrak pegunungan. Aksi ini ia lakukan untuk mendapatkan banyak “suka” di konten YouTube-nya dengan judul “I Crashed My Plane”.

Sang pilot yang bernama Trevor Jacob (28), telah diperintahkan untuk segera menyerahkan surat izin atau lisensi terbangnya dan ia tidak dapat mengajukan permohonan lagi selama satu tahun sejak penerbangan pada 24 November 2021 tersebut.

“Penerbangan Anda ceroboh atau sembrono, menempatkan Anda dalam risiko kehidupan atau harta benda orang lain,” bunyi surat yang memberi tahu dia tentang pencabutan darurat sertifikat pribadinya itu. Jacob memperoleh lisensi terbang sejak 2018.

Jacob mengunggah video penerbangan itu ke kanal YouTube pada 24 Desember 2021. Hingga saat ini, videonya telah ditonton oleh lebih dari dua juta kali.

Dalam videonya tersebut, Jacob mengaku sedang terbang dari California Selatan ke Area Ski Mammoth untuk menyebarkan abu seorang teman yang baru saja meninggal.

Pada satu ketinggian di atas Hutan Nasional Los Padres, ia mematikan mesin pesawatnya lalu melompat keluar dari pesawat kecil tersebut.

Ia terjun menggunakan parasut dan merekam pesawatnya meluncur hingga menabrak gunung.

Jacob mendarat dan mengalami goresan-goresan kecil di tubuhnya akibat terkena ranting-ranting kering tumbuhan di gunung tersebut.

Ia kemudian berjalan dengan susah payah di antara ranting-ranting untuk menuju ke pesawatnya yang telah hancur demi mengambil kamera di pesawatnya.

Setelah itu ia menceritakan tersesat di pegunungan itu dan berupaya bertahan hidup hingga larut malam sampai akhirnya ditemukan oleh petani di hutan nasional itu.

Selain mencabut lisensi terbangnya, FAA juga akan mengajukan tuntutan pidana terhadap Jacob.

Penerbang itu terbukti melalui rekaman videonya dengan sengaja mematikan mesin pesawat, membuka pintu sebelum mesin mati, tidak mengeluarkan panggilan darurat atau kontak apa pun dengan ATC, dan tidak mencoba menghidupkan kembali mesin pesawat.

Jacob juga dinilai tidak berusaha mendaratkan pesawat di banyak area datar.

Sangat terlihat jelas bahwa ia memang sengaja melakukan hal itu untuk membuat konten YouTube.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *