Delegasi Safran kunjungi Pindad, bahas produksi Smart Bomb untuk Rafale

BLA-250 - Safran kunjungi Pindad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Delegasi Safran Electronics & Defense dari Prancis yang dipimpin Andrea Bianchini mengunjungi PT Pindad pada Selasa (12/3/2022).

Rombongan dari Safran diterima oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa beserta jajaran pejabat Pindad lainnya.

Disebutkan, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk membahas lebih lanjut terkait kerja sama di bidang bom MK-82 untuk mendukung Highly Agile Modular Munition Extended Range (HAMMER) Smart Bomb yang nantinya akan digunakan di pesawat tempur Rafale.

Pindad akan berperan untuk memproduksi badan dan isi bahan peledak bom tersebut.

Kerja sama lainnya juga dibahas dalam kunjungan ini. Antara lain di bidang optronic dan sistem kendali.

Sigit Santosa mengatakan, dengan kerja sama ini ke depan PT Pindad akan memiliki kemampuan menghasilkan dan mengembangkan produk smart guided bomb.

Dengan strategic partnership yang dilakukan, Pindad akan menjadi lead integrator dan memperkuat kemampuan ekosistem industri pertahanan di dalam negeri.

Selain meninjau fasilitas PT Pindad di Bandung, delegasi Safran keesokan harinya meninjau fasilitas produksi munisi kaliber besar di Divisi Munisi Turen, Malang.

Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya dalam bidang pertahanan.

Pada 10 Februari 2022 lalu, Indonesia resmi membeli 42 unit pesawat tempur Rafale dari Prancis.

Penandatanganan kontrak akuisisi atas 42 pesawat Rafale generasi baru ini dilaksanakan di hadapan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *