Rostec tingkatkan teknologi kaca pesawat siluman

Checkmate fighterRostec
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Riset dan Produksi Obninsk “Technologiya”, bagian dari Rosteс State Corporation, telah meningkatkan teknologi pembuatan kaca kokpit untuk pesawat siluman.

Solusinya meningkatkan karakteristik kaca kokpit pesawat sebesar 20%, termasuk mengurangi visibilitas radar pesawat militer, kata Rostec.

Airbus_contoh2

Kaca siluman memperoleh sifat khusus karena film tipis logam dan oksida logam, disimpan ke permukaannya dengan sputtering magnetron dalam mesin vakum.

Modernisasi unit meningkatkan kinerja puncak magnetron lebih dari tiga kali lipat, memungkinkan deposit film dengan resistivitas permukaan yang jauh lebih rendah.

Solusi rekayasa dan desain secara signifikan meningkatkan kualitas lapisan yang diterapkan pada produk kaca penerbangan produksi massal, sehingga kokpit mendapatkan karakteristik optik yang lebih baik dan visibilitas radar yang rendah.

Faktor-faktor ini meningkatkan potensi tempur dan kemampuan bertahan pesawat siluman.

“Hari ini, sampel yang diproduksi dengan peralatan yang ditingkatkan mengkonfirmasi karakteristik yang telah dihitung sebelumnya selama pengukuran dan pengujian. Teknologi baru akan digunakan untuk membuat optik struktural untuk sistem penerbangan canggih. Ini akan mengurangi visibilitas radar pesawat dan meningkatkan kemampuan tempur mereka,” kata Vladimir Artyakov, Deputi Pertama CEO Rostec State Corporation dikutip dalam siaran pers perusahaan.

Perusahaan Riset dan Produksi Obninsk “Technologiya” memiliki pengalaman unik dalam pengembangan independen dan produksi serial produk optik struktural dengan pelapis film tipis multifungsi yang diterapkan.

Solusi rekayasa dan perangkat lunak yang diterapkan oleh spesialis perusahaan telah memungkinkan untuk membuat struktur logam-optik dengan lebih dari 200 lapisan, masing-masing setebal 0,25-0,3 nm.

-Poetra-