TNI AL tuan rumah Sea Garuda Exercise 2023

KRI Ardadedali-404 tiba di NatunaTeguh Prihatna/ANTARA FOTO
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan menjadi tuan rumah pelaksanaan latihan “Sea Garuda Exercise 2023”. Latihan dilaksanakan secara bilateral dengan Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN).

Sebagai persiapan menuju latihan tersebut, akan dilaksanakan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) tentang “Submarine Rescue dan Marine Corps”.

Demikian salah satu kesepakatan yang dicapai kedua Angkatan Laut pada pertemuan virtual “Navy To Navy Talks (NTNT)” ke-9 pada Jumat (18/3/2022).

Dalam pertemuan virtual dari Jakarta ini TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Wakil Asisten Operasi Kasal Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono.

Sementara dari pihak RTN diwakili Vice Admiral Supapat Yuthavong, Direktur Umum Departemen Operasi Laut RTN.

NTNT antara TNI AL dengan RTN telah dilaksanakan sejak 2005. Ini merupakan forum untuk saling bertukar pandangan terhadap isu-isu yang relevan antara kedua angkatan laut.

Forum ini juga menjadi sarana untuk bekerja sama serta mengatasi permasalahan untuk kemanfaatan bersama.

Tahun 2019, Sea Garuda Exercise dilaksanakan di Teluk Thailand. TNI AL mengerahkan dua kapal perangnya yakni KRI Frans Kaisiepo-368 dan KRI Bung Tomo-357.

Mengutip siaran Dispenal, dalam NTNT ke-9 selain membahas pertukaran pengalaman penanggulangan COVID-19 juga dibahas kesepakatan kerja sama ke depan dalam bidang latihan, pendidikan, kunjungan kapal maupun pertukaran perwira.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Puskersin TNI, serta Atase Pertahanan RI di Thailand.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *