Forpost, drone buatan Israel yang berdinas untuk AU Rusia

Drone ForpostIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu drone intai andalan AU Rusia dilaporkan berhasil ditembak jatuh pasukan pertahanan udara Ukraina pada 11 Maret 2022 saat mengintai di atas langit Oblast Zhytomyr.

Foto drone dalam keadaan hancur beredar di twitter. Terlihat jelas drone tersebut adalah jenis Forpost.

Untuk diketahui, drone Forpost tak lain adalah drone buatan Israel, IAI Searcher Mk ll yang dibuat di bawah lisensi oleh perusahaan Rusia.

Mengenai sejarahnya, bermula pada tahun 2008, saat terjadi konflik di Osetia Selatan, Rusia membeli drone tersebut dari Israel.

Puas dengan kinerja Searcher, kerja sama lebih meningkat lagi. Tak lagi hanya membeli jadi, pada 2016 Rusia mendapatkan produksi lisensi.

Semula IAI mengirimkan komponen Searcher Mk ll untuk dirakit di Rusia. Baru pada 2017, Rusia mulai membuat sebagian komponen di dalam negeri.

Di akhir tahun itu, prototipe drone produksi Rusia tersebut langsung dikirim ke Suriah untuk uji coba kesaktiannya.

Sejumlah penyempurnaan lainnya terus dilakukan oleh Rusia, yang kemudian dilabeli sebagai Forpost-R, termasuk sistem-sistem lain buatan Rusia.

Selanjutnya, pada 2019 drone Forpost-R yang sepenuhnya buatan Rusia berhasil mengudara untuk pertama kalinya.

Kini drone intai Forpost bersama Orion UCAV menjadi andalan AU Rusia dalam perang melawan tetangganya Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari lalu.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *