Swedia kirim lagi 2 F-39 Gripen ke Brasil melalui kapal laut

F-39E GripenThomas Moller

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Saab Swedia telah mengirimkan lagi dua unit jet tempur F-39 Gripen untuk Angkatan Udara Brasil (FAB).

Pengiriman dilaksanakan melalui kapal laut yang dijadwalkan akan tiba di Brasil pada 2 April mendatang.

Kedua pesawat dengan registrasi FAB 4101 dan FAB 4102 dinaikkan ke kapal Marsgracht berbendera Belanda pada Rabu (3/9) malam di Pelabuhan Norrköping, Swedia.

Setelah tiba di Pelabuhan Navegantes, Santa Catarina, Brasil nantinya pesawat akan ditarik ke Bandara Navegantes untuk melaksanakan persiapan penerbangan ke Pusat Uji Penerbangan Gripen di Gavião Peixoto (SP), tempat di mana pilot uji FAB, Embraer, dan Saab akan melakukan uji terbang pesawat tersebut sampai mendapatkan sertifikat militer.

Sebelumnya, pesawat FAB F-39 Gripen pertama (FAB 4100) tiba di Brasil pada September 2020 dan digunakan di Gavião Peixoto sebagai unit uji yang dilengkapi dengan instrumen untuk kelanjutan kampanye uji coba sejak Agustus 2019, di Swedia.

Sebanyak 4 F-39 Gripen diharapkan akan dikirim ke FAB pada paruh pertama tahun 2022 ini.

Komandan Angkatan Udara Brasil (FAB) Letnan Udara Brigadir Carlos de Almeida Baptista Junior secara resmi telah menerima pesawat tersebut dalam upacara di Linköping, Swedia pada akhir November 2021.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *