Jet F-35 AS tiba di Estonia, psywar atau siap bertempur?

F-35 tiba di EstoniaEstonian Defence Forces
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet-jet tempur Angkatan Udara AS (USAF) yang dikirim dari Pangkalan Udara Spangdahlem, Jerman ke kawasan Baltik telah tiba di Pangkalan Udara Amari, Estonia hari ini.

AS mengirimkan sedikitnya enam F-35A dari 12 yang disiagakan di Jerman, masing-masing dua unit ke Estonia, Latvia, dan Rumania sebagai tanggapan atas agresi militer yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina sejak Kamis pagi, 24 Februari 2022.

Komandan Pasukan Pertahanan Estonia Letnan Jenderal Herem mengatakan, kehadiran F-35 di wilayahnya merupakan dukungan AS terhadap NATO untuk memperkuat Wilayah Laut Baltik.

“Keputusan Amerika Serikat mulai minggu ini untuk memperkuat kehadiran Sekutu di Estonia dengan pesawat paling modernnya menunjukkan kesiapan AS untuk membela Sekutunya,” ujar Herem.

Ditambahkan, respons yang cepat dari AS ini sama seperti tahun 2014 di mana Amerika Serikat adalah yang pertama membawa pesawat tempurnya ke Pangkalan Udara Amari selama pecahnya permusuhan di Ukraina.

Sementara itu, Komandan Angkatan Udara AS di Eropa dan Angkatan Udara Afrika Jenderal Jeff Harrigian menyatakan, kehadiran F-35 di Baltik merupakan penyebaran F-35 ke sayap timur NATO untuk menghadapi lingkungan yang dinamis.

Amerika Serikat telah memutuskan untuk meningkatkan pencegahan di wilayah Baltik dan Polandia dengan mengirimkan jet tempur tercanggihnya.

Sebelumnya, AS juga telah menempatkan unit helikopter serbu AH-64 dan 800 anggota ke wilayah Laut Baltik.

F-35 merupakan sistem senjata canggih yang dapat melakukan misi tempur di udara, pengintaian, dan pengeboman taktis.  

Keunggulannya di medan perang adalah kemampuan bertahan dan kesadaran situasionalnya, didukung oleh teknologi siluman, sensor, dan komunikasi data berlapis.

Apakah kehadiran F-35 di Estonia merupakan psywar (perang psikologis) bagi Rusia atau memang pesawat ini disiapkan untuk bertempur langsung membantu Ukraina?

Kita tunggu perkembangan selanjutnya

-Poetra-

One Reply to “Jet F-35 AS tiba di Estonia, psywar atau siap bertempur?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *