Penampilan rapi, JAT mendapat apresiasi di Singapore Airshow 2022

Jupiter Aerobatic TeamCaroline Chia/REUTERS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dari dua kali penampilannya di Singapore Airshow 2022 pada 15-16 Februari, Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters berhasil menunjukkan formasi yang rapi serta manuver-manuver yang indah di udara.

Sebagi tim aerobatik satu-satunya di luar tuan rumah Singapura yang menampilkan tim helikopter AH-64D Apache, JAT mendapatkan banyak apresiasi.

Boeing_contoh2

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengatakan, penampilan JAT sungguh memukau dan mendapat banyak apresiasi dari pejabat pemerintahan Singapura maupun mereka yang menonton langsung di Changi Exhibiton Center, tempat Singapore Airshow 2022 diselenggarakan.

Dalam wawancara langsung melalui telekonferensi dengan Dispenau pada hari ini, Suryopratomo mengatakan penampilan JAT merupakan kebanggaan tersendiri bagi seluruh bangsa dan negara.

Dikatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19, kita masih bisa menghadirkan Indonesia dan TNI Angkatan Udara di ajang pameran kedirgantaraan tingkat internasional.

Penampilan JAT, lanjut Suryopratomo, sungguh membuat kagum banyak pihak termasuk para duta desar di lingkup ASEAN.

“Saya di Singapura mempunyai grup Dubes-dubes ASEAN . Kemarin ketika teman-teman dari Tim Jupiter menampilkan akrobatik udaranya mereka terkagum dan terkesan,” kata mantan Pemimpin Redaksi Kompas dan Direktur Utama Metro TV tersebut.

Ditambahkan, hal ini menunjukkan profesionalisme, keandalan, kesiapan, dan latihan yang luar biasa dari Tim Jupiter serta tentunya semakin mengharumkan nama Indonesia di forum internasional.

Dari sisi pemerintah Singapura, ujarnya, seperti disampaikan Wakil Perdana Menteri Singapura dalam pidato pembukaan Singapore Airshow 2022 di mana nama Jupiter Aerobatic Team disebut-sebut, ini menunjukkan rasa hormat Singapura kepada Indonesia dalam keikutsertaannya di pameran udara ini.

Sementara itu di hari kedua penampilannya pada Rabu, 16 Februari, penampilan seluruh peserta Fying Display Singapore Airshow 2002 mengalami penundaan (delayed) karena cuaca yang tidak memungkinkan.

Awan mendung diikuti dengan hujan turun di Singapura dan Batam yang menjadi pangkalan aju bagi tim JAT.

Namun hal ini tidak berlangsung lama karena kemudian cuaca kembali membaik dan JAT pun melakukan lepas landas di saat cuaca masih rintik hujan.

Alhamdulillah, cuaca semakin membaik dan Jupiter Aerobatic Team kebanggaan Indonesia dapat menampilkan 14 manuvernya di udara menggunakan enam pesawat KT-1B Woongbi dengan sempurna.

Selamat, untuk penampilan JAT hari ini. Masih ada dua penampilan berikutnya pada Kamis dan Jumat lusa. Bravo Jupiters!

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *