Lagi, Turki nyatakan akan membeli Su-35/57 jika urusan F-16 dengan AS mampet

Su-57Sputnik/Vladimir Astapkovich
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turki kembali menyatakan niatnya untuk membeli jet tempur Su-35 atau Su-57 dari Rusia jika pembicaraan mengenai pengajuan pembelian 40 F-16 kepada Amerika Serikat ditolak Washington.

Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dalam wawancara dengan CNN pada hari Kamis.

Boeing_contoh2

Cavusoglu menjelaskan, Ankara dapat membeli jet tempur canggih dari Rusia jika Washington gagal mengirimkan jet tempur F-35 yang telah dibayar oleh Turki atau mengembalikan uang sebesar 1,4 miliar USD.

“Jika AS tidak ingin menyelesaikan masalah tentang F-35, atau jika Kongres AS memblokirnya, Turki akan mempertimbangkan opsi lain termasuk membeli Su-35 atau Su-57,” ujarnya seperti dikutip surat kabar Hurriyet.

Cavusoglu berbicara setelah kepala Industri Pertahanan Kepresidenan Turki Ismail Demir mengatakan pada pertengahan Oktober lalu bahwa Ankara dapat membeli pesawat tempur Su-35 atau Su-57 dari Rusia jika perundingan dengan AS mampet alias menemui jalan buntu.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda lanjutan Paman Sam akan memproses pengadaan jet F-16 tersebut.

Perselisihan antara Washington dan Ankara dimulai pada 2019 ketika pemerintahan Turki membeli sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf dari Rusia.

Sebagai sanksinya, AS telah membatalkan penjualan F-35 ke Turki dan mengeluarkan Ankara dari program pesawat jet tempur siluman tersebut.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Washington telah mengundang Ankara untuk membeli jet tempur F-16 sebagai imbalan atas investasinya dalam Program F-35 Lightning II.

Dalam perkembangan terakhir, Erdogan menyuarakan optimismenya mengenai hasil pembicaraan antara Turki dan AS mengenai penjualan F-16 buatan Lockheed Martin.

Dia menyatakan harapan bahwa Ankara akan diberi kompensasi untuk 1,4 miliar USD oleh AS.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *