Kemenhub berharap bandara perairan di Gili Iyang dapat segera dibangun

PK-TVX

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Pusat Libang Transportasi Udara berhasil melakukan uji coba penerbangan pesawat amfibi di Gili Iyang, Sumenep, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Kemenhub menilai, Gili Iyang merupakan sebuah peluang wisata yang baik untuk bisa dinikmati oleh masyarakat dalam negeri maupun wisatawan asing.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyambut baik hasil kajian dan uji coba bandara perairan di Pulau Oksigen (sebutan untuk Gili Iyang) yang memiliki kadar udara terbaik nomor dua di dunia ini.

Hal ini diselaraskan dengan kunjungan Sekjen Kemenhub bersama rombongan yang didampingi Kepala Pusat Litbang (Kapuslitbang) Transportasi Udara Kemenhub Capt. Novyanto Widadi.

Setelah meninjau langsung lokasi hasil uji coba dan merasakan bermalam di Pulau Oksigen tersebut, Djoko semakin yakin bahwa Gili Iyang merupakan titik wisata yang strategis.

Namun demikian, untuk mencapai pulau-pulau yang terpencar seperti Gili Iyang memang dibutuhkan sarana dan prasarananya.

Bila menggunakan kapal milik masyarakat setempat membutuhkan waktu perjalanan 40 hingga 50 menit.

Sedangkan jika menggunakan pesawat amfibi hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.

Perbedaan waktu tempuh tersebut jelas sangat signifikan. Penerbangan dapat dilakukan dari Bandara Trunojoyo, Sumenep atau dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.

Joko menambahkan, pesawat amfibi merupakan sebuah kebutuhan bagi pulau-pulau di Indonesia.

Ia mendukung agar pengembangan wilayah untuk pariwisata berbasis kepulauan juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan pesawat amfibi dari bandara perairan.

Ditambahkan, ia berharap bandara perairan di Pulau Oksigen Gili Iyang akan segera dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

Pada kesempatan yang sama, Kapuslitbang Transportasi Udara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari masyarakat dan pejabat setempat yang telah mendukung uji coba pesawat amfibi di Gili Iyang.

Capt. Novy mengatakan, pada akhir tahun akan dilakukan uji coba yang sama di Mandalika, NTB untuk menunjang pariwisata di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *