Model 437, loyal wingman rancangan Northrop Grumman untuk USAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Scaled Composites, bersama dengan perusahaan induknya Northrop Grumman, baru saja memperkenalkan konsep wahana tempur tanpa awak yang disebut Model 437.

Wahana ini ditujukan untuk program Skyborg Angkatan Udara AS (USAF).

Disebutkan, Model 437 akan dikembangkan berdasarkan Model 401 ‘Son of Ares’, sebuah pesawat demonstrasi teknologi berbiaya rendah berawak (pilot) garapan Scaled Composites.

Namun demikian, nantinya desain Model 437 akan lebih besar dibandingkan Model 401. Tujuannya untuk membawa lebih banyak muatan dan bahan bakar.

Model 437 juga menampilkan badan pesawat yang benar-benar baru. Sayapnya tampak lebih dioptimalkan untuk kecepatan yang lebih tinggi serta untuk efisiensi.

Seperti halnya Model 401, Model 437 juga memiliki asupan udara untuk mesin yang dipasang di atas. Penampilan desainnya menganut pakem siluman (stealth).

Pesawat Model 401 dilengkapi satu mesin Pratt & Whitney Canada JT15D-5D dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 740 km/jam.

Sedangkan Model 407 akan menggunakan sebuah mesin turbofan Williams FJ44.

Kecepatan maksimumnya di kisaran 988 km/jam dan diharapkan memiliki jangkauan sekitar 3.000 mil laut (5.556 km).

Sebagai loyal wingman, Model 437 dalam misi tempurnya akan bertugas bersama jet tempur berawak andalan AU Amerika Serikat saat ini seperti F-35 dan F-22.

Melansir situs inceptivemind, Northrop Grumman menyebutkan bahwa Model 437 dapat dibangun dalam waktu sekitar 14 bulan saja dan dilanjutkan dengan uji terbang sesudahnya.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *