Divif 1 Kostrad gelar kegiatan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi Terintegrasi

Yonkav 1 KostradYonkav 1/Kostrad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam rangka memelihara keterampilan dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit Kostrad, Divisi Infanteri (Divif) I Kostrad menggelar kegiatan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi Terintegrasi.

Salah satu materi yang dilaksanakan adalah Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK) yang berlangsung di Puslatpur Baruraja, Palembang pada Selasa (7/9/21).

Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK) adalah pergerakan pasukan Infanteri bersama kecabangan lain menuju kedudukan musuh.

Dalam pergerakan Gerakan Maju Untuk Kontak tersebut para prajurit mendapatkan problem rintangan yang berupa ranjau anti personel, ranjau anti tank dan beberapa tembakan konsentrasi musuh.

Nantinya, setiap problem akan diatasi masing-masing kecabangan. Demikian seperti disiarkan Yonkav 1/Badak Ceta Cakti, Divif 1/Kostrad.

Dikatakan, kegiatan Latihan ini diikuti oleh beberapa satuan di Jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad.

Di antaranya Brigif R 13, Yonif R 323, Yonif R 303, Yonif R 321, Yonkav 1, Yonarhanudri 1, Yonkes 1, Denhub 1, Denpom 1, Denpal 1, Yonarmed 13, Yonarmed 10, Yonarmed 9, dan Kikav 1.

Batalyon Kavaleri 1 Kostrad memiliki Alutsista berupa tank Leopard 2 RI, Leopard 2A4, dan Marder IFV yang berkedudukan di Kompi.

KostradYonkav1/Kostrad

Disamping itu terdapat tank Armoured Recovery Vehicle (ARV), tank Armoured Enginering Vehicle (AEV) dan tank Armoured Vehicle Launched Bridge (AVLB) yang berkedudukan di Kompi Markas.

Setiap Kompinya terdiri dari 13 kendaraan tempur. Tank canggih ini diawaki oleh empat orang prajurit yang terdiri dari Komandan Kendaraan (Danran), Penembak Kanon (Baknon), Loader, dan Pengemudi.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *