Ranpur intai amfibi baru Rusia BRM 4X4 pengganti BRDM-2 era Uni Soviet

BRM 4X4Dead District
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kendaraan tempur (ranpur) intai amfibi baru dari Rusia BRM 4X4 tengah dipamerkan di ajang International Military-Technical Forum ARMY-2021 pada 22-28 Agustus di Patriot Expo, Kubinka, Rusia.

Kendaraan penggerak 4×4 ini akan digunakan sebagai wahana pengintaian taktis yang dekat dan dalam dan memiliki kemampuan bertempur, juga sebagai kendaraan patroli.

Untuk menjalankan misinya, BRM dilengkapi dengan kompleks pengintaian optik elektronik berupa pencitra termal, perangkat radar pengintai, radio pencari arah dan alat pengintai akustik termasuk drone kecil.

Sedangkan persenjataan pada BRM adalah modul tempur kendali jarak jauh (RCWS) Arbalet-DM yang dibekali senapan mesin Kord 12,7 mm atau PKTM 7,62 mm.

Dipercaya BRM didapuk sebagai penerus ranpur amfibi intai patroli legendaris BRDM-2 yang dikembangkan semasa Uni Soviet.

BRDM-2 diproduksi secara massal dari tahun 1963-1982 oleh Pabrik Otomotif Gorky dan dari tahun 1982-1989 oleh Pabrik Pembuatan Mesin Arzamas.

Sekitar 7.200 BRDM-2 dibuat yang dimiliki oleh militer di 38 negara dan masih banyak yang aktif digunakan hingga saat ini.

Apakah BRM baru ini dapat menggantikan posisi BRDM-2? Waktu jua yang kelak akan membuktikannya.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *