Angkatan Darat AS pesan 541 truk taktis FMTV A2 kepada Oshkosh Defense

FMTV A2Oshkosh Defense

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Manajemen Siklus Hidup (LCMC) Tank-Automotive and Armaments Command (TACOM) Angkatan Darat AS (4/8), mengumumkan telah memberikan Oshkosh Defense, pesanan senilai 152 juta dolar untuk pengadàan 541 unit FMTV A2.

Truk serbaguna ini merupakan generasi kedua,  yakni pengembangan dari FMTV A1P2 (Family of Medium Tactical Vehicles seri A1) yang telah beroperasi dengan Angkatan Darat AS sejak 1988.

Oshkosh Defense setidaknya telah memasok lebih dari 41.000 truk dengan berbagai versi. Produksi FMTV A1P2 sendiri diperkirakan akan berakhir pada September 2021.

Sebagai penerus, FMTV A2 menawarkan tingkat perlindungan yang lebih baik dengan menambahkan baju zirah anti peluru di area kabin.

Armada FMTV A2 ini akan terdiri dari 16 model termasuk versi trailer. Tersedia penggerak 4×4 dan 6×6. Kendaraan mampu membawa muatan mulai dari 3 ton hingga 10 ton.

Nantinya truk ini akan didapuk melakukan berbagai tugas, seperti mendukung misi tempur untuk memobilisasi dan pergeseran pasukan, membawa bantuan logistik dan lainnya.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *