AL Taiwan terima korvet rudal katamaran kelas Tuo Chiang kedua

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Republik China (ROCN), juga disebut Angkatan Laut Taiwan, secara resmi telah menerima korvet rudal kelas Tuo Chiang kedua.

Korvet bernama Ta Chiang (619) ini diserahkan kepada ROCN dalam upacara yang diadakan pada 27 Juli 2021 di fasilitas Pembuatan Kapal Lung Teh di Suao, Kabupaten Yilan. Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng memimpin acara tersebut.

Kapal perang baru ini merupakan versi perbaikan dari kelas Tuo Chiang dengan stabilitas dan kemampuan yang lebih baik daripada desain aslinya.

Memiliki fitur desain model katamaran (lambung ganda) yang dapat menembus gelombang dengan stabil dan memiliki desain penampang radar rendah (stealth).

Memiliki panjang 60,4 meter dengan bobot mencapai 685 ton. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan jangkauan operasional 1.800 mil laut.

Korvet yang dijuluki “pembunuh kapal induk” ini dikembangkan di bawah Program Hsun Hai. Dibekali rudal asimetris kelas atas untuk melawan kapal serbu amfibi dan kapal berukuran besar lainnya.

Dipersenjatai dengan rudal subsonik Hsiung Feng II dan rudal supersonik anti kapal Hsiung Feng III, rudal pertahanan udara Sky Sword II, meriam 76 mm, Phalanx CIWS, dan dua tabung torpedo rangkap tiga.

Seperti diketahui, kapal korvet pertama ROCS Tuo Chiang telah dikirim kepada ROCN tahun 2014.

Kini pemerintah Taiwan berencana untuk membangun lima kapal lagi pada 2023, total menjadi tujuh unit.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *