Filipina diberi izin membeli rudal AIM-9X Block II oleh Washington

AIM-9X Blcok IIRaytheon

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Filipina telah mendapatkan izin dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk membeli rudal taktis AIM-9X Sidewinder Block II dan peralatan terkait melalui Penjualan Militer Asing (FMS).

Potensi penjualan ditaksir senilai 42,4 juta dolar AS.

Hal ini disiarkan oleh Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan (DSCA) pada 24 Juni lalu yang kemudian dilanjutkan dengan penyapaian surat pengesahan kepada Kongres.

Sebelumnya, Manila telah mengajukan proposal pembelian 24 AIM-9X Sidewinder Block II, 24 AIM-9X Block II Captive Air Training Missiles (CATM), 6 Unit Pembinaan Taktis, 10 Unit Pemandu Captive Air Training Missile (CATM), kontainer, peralatan pendukung dan pengujian, suku cadang dan perbaikan, peralatan pelatihan dan pelatihan personel, publikasi dan data teknis, pengiriman dan dukungan perangkat lunak, bantuan teknis Pemerintah AS dan kontraktor, serta dukungan terkait lainnya.

Washington mengatakan, penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan Filipina menghadapi ancaman saat ini.

Rudal AIM-9X Block II akan melengkapi pesawat tempur Filipina sebagai rudal udara ke udara jarak pendek.

Tidak ada kesepakan offset dalam penjualan ini. Raytheon Missile Systems Company di Tucson, Arizona akan bertindak selaku kontraktro utama.

Pemerintah AS atau perwakilan kontraktor akan datang ke Filipina untuk menindaklanjuti dukungan teknis program dan pengawasan manajemen.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *