Audio Al-Quran disiarkan secara gratis dari luar angkasa

YAM-2 satellite in-SpaceIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah yayasan amal global yang didirikan oleh pengusaha Shukhrat Ibragimov, yaitu I AM PART OF, hari ini mengumumkan Divine, sebuah proyek komunitas yang memanfaatkan teknologi luar angkasa untuk menyiarkan audio Al-Quran secara gratis, termasuk koleksi Hadis Sahih Al-Bukhari, dari luar angkasa.

Siaran ditujukan bagi umat Muslim dan siapa pun yang ingin memahami Teks Suci Islam di seluruh dunia.

File audio dan multimedia untuk Divine telah disematkan dalam muatan yang dipasok oleh penyedia solusi space-as-a-service dan mitra SpaceChain, dan diinstal pada satelit YAM-2 yang sedang dalam perjalanan ke luar angkasa dengan roket SpaceX Falcon 9 di bawah program berbagi tumpangan. Misi tersebut dioperasikan oleh Loft Orbital.

Divine dimulai untuk menghilangkan kesalahpahaman dan stereotip tentang ajaran Al-Qur’an dan untuk menyajikan pemahaman yang lebih baik tentang apa Al-Qur’an untuk komunitas Muslim muda dan baru, dan dunia.

Dengan menghosting informasi di server terestrial di luar angkasa, Divine dapat mengirimkan ajaran Al-Qur’an ke khalayak yang lebih luas karena cakupan area yang luas yang diberikan oleh satelit.

Setelah aktivasi sukses di orbit pada November 2021, file Al-Quran yang disimpan di payload akan ditransmisikan dari luar angkasa ke beberapa platform yang dibangun untuk proyek Divine.

Mereka termasuk situs resmi Divine dan aplikasi Divine Live, yang sekarang tersedia untuk diunduh dari Apple App Store dan Google Play Store.

Pengguna akan dapat mengakses Teks Suci Islam serta deskripsi audio dan teks lengkap dan penjelasan tentang apa arti ajaran dalam bahasa yang berbeda.

Melalui platform Divine, pengguna dapat melihat lokasi real-time dari satelit yang membawa file multimedia Quran dan menerima detail transmisi seperti informasi orbit satelit yang membawa muatan.

Rencana juga sedang dilakukan untuk mengirimkan file multimedia Quran dari luar angkasa ke penerima audio yang dipasang di stasiun bumi yang ditunjuk yang terletak di daerah pedesaan di seluruh dunia di mana akses ke Internet terbatas.

“Tujuan utama kami adalah untuk memberikan informasi yang dapat diandalkan dan dapat diakses tentang Islam kepada orang-orang di seluruh dunia yang ingin belajar lebih banyak tentang Al-Qur’an dan rukun-rukun agama,” kata Shukhrat Ibragimov, Ketua I AM PART OF dan pendiri Divine seperti rilis yang diterima Airspace Review pada 1 Juli 2021.

“Dengan memanfaatkan teknologi ruang angkasa mutakhir, kami menghilangkan keterbatasan infrastruktur berbasis darat dalam menjangkau komunitas global yang lebih luas. Divine menciptakan batas aksesibilitas baru dengan menghadirkan teknologi di luar Internet untuk memungkinkan semua orang memiliki akses simultan ajaran Islam dari satu sumber,” lanjutnya.

Divine dioperasikan dan dikelola oleh Eurasia Space Ventures (ESV), sebuah perusahaan swasta yang terdaftar di Kazakhstan yang bertujuan untuk melayani sebagai pusat internasional untuk proyek luar angkasa dan organisasi terkait yang ingin memanfaatkan infrastruktur dan ekosistem luar angkasa yang mapan di negara ini.

ESV dan SpaceChain telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk kolaborasi berkelanjutan dan mengembangkan proyek bersama di bidang teknologi luar angkasa selama periode dua tahun.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman divine.live dan iampartof.org

Zaky V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *