Megawati dapat Bintang Persahabatan, Presiden Putin akan kunjungi Indonesia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut diharapkan Rusia dan Indonesia akan menandatangani deklarasi untuk meningkatkan kemitraan strategis di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Luar Rusia dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobyova kepada Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta pada Rabu, 2 Juni 2021.

“Termasuk pembangunan hubungan dalam bidang angkasa, riset dan teknologi, dan teknologi tinggi,” ujar Vorobyova dalam tayangan langsung yang disiarkan akun YouTube PDI Perjuangan.

Ditegaskan, Federasi Rusia siap bekerja sama dengan Indonesia dalam berbagai bidang dunia termasuk bidang militer dan alutsista.

Rusia mengakui Indonesia sebagai sahabat lama yang dasar-dasarnya telah dibangun oleh Presiden Sukarno di masa lalu.

Sementara itu Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri yang saat ini menjabat Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terharu hingga menangis saat menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan dari pemerintah Federasi Rusia.

Megawati tak kuasa menahan air matanya karena mengingat ayahnya, Sukarno yang telah merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia.

“Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini, karena, maaf saya teringat kepada ayah saya, padahal saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan Megawati, Rusia telah menerima dengan hangat kunjungan Presiden Sukarno ke Rusia.

Megawati Bintang Persahabatan dari RusiaYouTube PDI Perjuangan

Hubungan bilateral Indonesia dan Rusia, lanjut Megawati, semakin erat. Pada masa ia menjadi Presiden RI, ia merasa sangat terhormat dan tidak akan melupakannya karena pada waktu itu Indonesia diberikan kesempatan oleh Presiden Putin untuk membeli alutsista dari Rusia.

Seperti diketahui, melalui kunjungannya ke Rusia tahun 2003, Presiden Megawati antara lain membeli empat pesawat Su-27/30 yang di tahun itu juga keempat pesawat langsung dikirimkan ke Indonesia.

Megawati mengucapkan terima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas penghargaan ini dan berjanji akan mengunjungi Rusia untuk menyampaikan langsung ucapan terima kasih tersebut kepada Presiden Putin.

Megawati Bintang PersahabatanYoutube PDI Perjuangan

“Memang benar, sayang sekali karena pandemi Covid ini maka saya tidak bisa menerima langsung Bintang Kehormatan ini sendiri di Rusia. Tetapi mungkin suatu saat setelah pandemi ini selesai, saya akan berkunjung ke Rusia untuk menguncapkan sendiri secara pribadi atas kehormatan ini kepada Presiden Putin,” pungkas Megawati.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *