Kepolisian Jepang telah menerima helikopter Subaru-Bell 412EPX pertama

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Badan Nasional Kepolisian Jepang (JPNA) telah menerima helikopter Subaru-Bell 412EPX pertama. Heli ini merupakan pembaruan seri Bell 412 yang dikembangkan bersama oleh Subaru Corporation dari Jepang dan Bell Helicopters (bagian dari Textron Inc.) dari Amerika Serikat.

Subaru-Bell 412EPX merupakan versi sipil dari helikopter UH-X yang dibangun untuk militer Jepang. Heli ini dikembangkan dari basis Bell 412EPI.

Subaru-Bell dalam siaran persnya menyatakan, helikopter pertama 412EPX akan digunakan oleh Badan Nasional Kepolisian Jepang Prefektur Iwate untuk misi melayani masyarakat setempat.

Selain itu, heli ini dapat difungsikan untuk pemadaman kebakaran dan penanggulangan bencana di negara-negara di seluruh dunia.

Sebelumnya, pelatihan pilot dan teknisi pemeliharaan telah dilaksanakan di pabrik Utsunomiya milik perusahaan kedirgantaraan Subaru.

Fitur pada 412EPX di antaranya adalah penggunaan gear box rotor utama yang lebih kuat.

Heli berkapasitas 15 orang termasuk dua awaknya ini didukung sepasang mesin Pratt & Whitney Canada (PWC) PT6-9 masing-masing berdaya 1,120 shp (837kW).

Heli juga dibekali paket avionik terbaru Bell BasiX Pro.

Dari sisi bobot lepas landas maksimum (MTOW) Subaru-Bell 412 EPX lebih berat, yaitu 5.533 kg dibandingkan 5.400 kg pada Bell 412 EPI.

Subaru Bell 412EPXIstimewa

Proyek Subaru-Bell 412EPX diperkenalkan pertama kali di Farnborough International Airshow di Inggris pada Juli 2018. Kala itu heli ini dihadirkan dalam bentuk model skala.

Selanjutnya di Paris Air Show Juni 2019 di Perancis, diumumkan bahwa Subaru-Bell 412EPX telah mendapatkan pelanggan pertama dari JNPA yang memesan satu unit.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *