Tabrakan di udara: satu pesawat rompal, satu lagi jatuh dengan parasut

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Insiden serius terjadi di dekat Bandara Centennial, Denver, Colorado, Amerika Serikat pada Rabu, 12 Mei 2021. Dua pesawat bertabrakan di udara, yaitu antara pesawat kargo Swearingen SA-226TC Metroliner (registrasi N280KL) dengan pesawat pribadi Cirrus SR-22 (registrasi N41DJ).

Peristiwa terjadi di atas Taman Negara Bagian Cherry Creek di selatan Belleview dan Peoria pada pukul 10:25 waktu setempat. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Seperti diberitakan The Aviation Herald, pesawat kargo Metroliner yang dioperasikan oleh maskapai Key Lime Air diawaki oleh satu pilot.

Sementara di pesawat Cirrus SR-22 terdapat dua orang.

Peristiwa terjadi pada saat Key Lime Air sedang melaksanakan approach visual untuk pendaratan di landasan pacu 17L (kiri) Bandara Centennial.

Disebutkan, pilot Key Lime Air sudah mendapatkan izin untuk pendaratan tersebut dan saat itu terbang pada ketinggian 6.400 kaki berjarak 3 mil laut di sebelah utara dari landasan.

Sementara itu, pada saat yang sama pesawat Cirrus telah mendapatkan izin approach visual menuju landasan 17R (kanan) Bandara Centennial.

Namun ketika itu pesawat Cirrus mengubah arah dan akhirnya bertabrakan dengan pesawat Metroliner.

Pesawat Cirrus menabrak badan pesawat Key Lime Air dan menghancurkan bagian kabin pesawat itu hingga rompal.

Mendapati pesawatnya tertabrak, pilot Key Lime Air langsung mengumumkan keadaan darurat dan  memberi tahu ATC bahwa mesin sebelah kanan pesawat juga rusak.

Key Lime Air MetrolinerTwitter

Ia juga melaporkan bahwa sebuah pesawat telah jatuh menggunakan parasut.

Pilot Key Lime Air dengan tenang berhasil mendaratkan pesawatnya yang telah rusak itu.

Sementara itu pesawat Cirrus ditemukan di sebuah lapangan. Pesawat ringan bermesin tunggal itu jatuh dengan mengembangkan parasutnya. Tayangan video amatir menunjukkan pesawat itu jatuh perlahan dengan bantuan parasut otomatis.

cirrus SR-22_mendarat dengan parasutTwitter

Diketahui, pesawat dimiliki oleh sekolah pilot Independence Aviation yang berbasis di Bandara Centennial.

Pesawat Cirrus SR-22 dilengkapi dengan Cirrus Airframe Parachute System (CAPS) sebagai perangkat penyelamat di saat terjadi keadaan darurat di udara.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *