Kementerian India pesan 1.300 ASLV dari Mahindra Defense

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Lebih dikenal sebagai produsen mobil penumpang sipil, perusahaan Mahindra asal India juga menawarkan kendaraan taktis (rantis) lapis baja untuk militer dan pasukan keamanan melalui divisi Mahindra Defense.

Rantis yang dinamai ASLV (Armoured Light Specialist Vehicle) ini mengadopsi desain modular. Dapat dikembangakan untuk beragam kebutuhan misi seperti kendaraan intai, patroli perbatasan, angkut pasukan (APC), kendaraan komando, pengusung mortir, hingga varian ambulans.

Dilansir dari India Today, diberitakan pada 22 Maret 2021 Kementrian Pertahanan India tengah memesan 1.300 unit ASLV dari Mahindra Defense dengan nilai kontrak sebesar RS 1.056 crore.

Sebelum mengorder, Militer India telah menguji kinerja ASLV selama hampir 18 bulan, termasuk salah satunya uji balistik dengan tembakan peluru kaliber 7,62 x 51 mm dan ledakan granat tangan HE36.

Fitur keselamatan lainnya adalah penggunan jenis run-flat yang masih bisa melarikan kendaraan sejauh 50 km meskipun tertembus peluru, ASLV juga mengadopsi sistem inflasi ban sentral.

ASLV dibekali mesin turbo diesel Steyr asal Austria berkapasitas 3.200 cc berdaya 215 hp serta menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Kecepatan laju tertingginya hingga 120 km/jam.

Versi standar ALSV model double cabin dapat menampung empat orang prajurit termasuk pengemudi dan muatan bawaan hingga 400 kg yang bisa disimpan di bak belakang.

Sebagai persenjataan beladiri dan bertempur, di atas atap ASLV tersedia dudukan untuk senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm yang dioperasikan secara manual atau menggunakan RCWS.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *