Mengenal kapal induk dan LHD Angkatan Laut Italia

ITS CavourIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Italia merupakan salah satu yang terkuat di belahan Eropa Barat. Memiliki armada aktif sekitar 181 kapal. Sekitar 50 di antaranya akan pensiun tahun 2025 dan digantikan oleh 30 kapal multi-misi baru.

Saat ini armada laut aktif meliputi 2 kapal induk ringan, 3 kapal transportasi amfibi, 4 kapal perusak (destroyer), 4 fregat, 8 fregat antikapal selam, dan 8 kapal selam serang.

Selain itu AL Italia juga mengoperasikan kapal patroli dan kapal perang pesisir termasuk satu fregat patroli ringan, 10 kapal patroli lepas pantai, dan dua korvet.

Untuk armada penunjang terdapat 10 kapal penangkal ranjau, 6 kapal patroli pantai/kapal patroli pasukan khusus, dan berbagai kapal pembantu.

Khusus kapal besar pengangkut pesawat/helikopter, AL Italia mengoperaikan dua kapal induk ringan.

Pertama adalah Giuseppe Garibaldi yang diluncurkan pada 11 Juni 1983.

Kapal dengan bobot mati 10.100 ton ini dibuat oleh galangan Fincantieri Monfalcone (Gorizia). Di atas deknya dapat menampung 18 pesawat gabungan antara jet V/STOL AV-8B Harrier II dan heli AW101 (ASW, ASH, dan AEW).

Tak lama lagi Giuseppe Garibaldi akan digantikan Trieste, sebuah kapal LHD (landing helicopter dock) yang juga dibuat oleh Fincantieri. Rencananya akan diluncurkan tahun 2022.

Meski diberi label LHD, namun bobot mati Trieste mencapai 33,000 ton atau tiga kali lipat dari kapal induk ringan Giuseppe Garibaldi.

ITS TriesteIstimewa

ITS Trieste.

Di atas deknya, Trieste dapat menampung 12 heli angkut berat AW101 atau dikombinasikan dengan SH90A (NH90), heli serang AW129D, dan jet V/STOL F-35B Lightning ll.

Kapal induk kedua yang operasional dan menjadi flagship AL Italia saat ini adalah Cavour buatan galangan Fincantieri. Kapal ini diluncurkan pada 20 Juli 2004.

Kapal induk Cavour memiliki bobot mati 30.000 ton. Di atas deknya dapat membawa 10 jet AV-8B Harrier II (yang akan digantikan oleh F-35B Lightning ll) atau 12 heli angkut berat AW101.

Tiga kapal besar lainnya adalah jenis kapal serbu amfibi kelas San Giorgio yang digolongkan juga sebagai LHD. Kapal ini digunakan sejak 1988 menyusul dua lainnya yakni San Giusto dan San Marco.

ITS San GiorgioIstimewa

ITS San Giorgio.

Kapal kelas San Giorgio memiliki bobot mati 8.000 ton. Di atas deknya mampu menampung 3 heli angkut berat AW101 dan 5 heli ringan AB-212 atau 18 heli medium SH-90A (NH-90A).

Dengan lima kapal permukaan besar ini menjadikan AL Italia menjadi salah satu yang terkuat di kawasan Eropa Barat selain AL Inggris dan AL Perancis.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *