HondaJet Elite kini resmi dapat digunakan di Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat jet eksekutif HondaJet Elite dari Honda Aircraft Corporation (HAC) kini resmi dapat digunakan di Rusia.

Badan Transportasi Udara Federal Rusia telah memberikan sertifikasi tipe kepada pesawat buatan Honda Aircraft yang diproduksi di Greensboro, North Carolina tersebut.

Perusahaan mengatakan, dengan telah didapatkannya sertifikasi tipe dari Rusia, pesawat ini akan segera dioperasikan oleh operator penggunanya di kawasan Negeri Beruang.

HondaJet  telah mendapatkan sertifikasi tipe dari 13 otoritas penerbangan, termasuk FAA, EASA, Transport Canada, AFAC of Mexico, ANAC of Brazil, ANAC of Argentina, ACC of Panama, DGCA of India, JCAB of Japan, CAAC of China, DGCA of Turkey, dan PCAA Pakistan.

HondaJet Elite merupakan salah satu varian terbaru dari keluarga HA-20 HondaJet dengan desain kokpit yang diperbarui. Pesawat ini diluncurkan tahun 2018. Sementara prototipe HondaJet mengudara perdana pada 2003.

CEO Honda Aircraft Michimasa Fujino mengatakan, HondaJet Elite cocok digunakan untuk kebutuhan pelancong bisnis di Rusia dan CIS.

Pesawat ini menyediakan transportasi antarkota yang aman, cepat, dan efisien di Rusia dan Uni Eropa.

Populasi HondaJet di seluruh dunia, hingga saat ini telah lebih dari 170 unit dan membukukan lebih dari 63.000 jam terbang.

HondaJet diawaki oleh 1-2 pilot dan dapat membawa 7-8 penumpang. Pesawat ditenagai dua mesin GE Honda HF120 turbofan.

Satu yang unik dari HondaJet adalah penempatan kedua mesinnya yang tidak lazim, yaitu dengan ditopang di atas tiang mesin di atas sayap.

Pesawat dapat menjelajah dengan kecepatan 782 km/jam dan menjangkau jarak sejauh 2.661 km.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *