Rusia akan undang tim aerobatik Black Eagles pada MAKS-2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Panitia pameran kedirgantaraan internasional JSC Aviasalon akan mengundang tim aerobatik Angkatan Udara Korea, Black Eagles, untuk tampil dalam penyelenggaraan MAKS-2021, 20-25 Juli di Zhukovksy, Wilayah Moskow, Rusia.

JSC Aviasalon di lamannya mengatakan, telah menyiapkan proposal yang akan diajukan sebagai undangan untuk kehadiran Black Eagles di pameran dua tahunan tersebut.

Dijelaskan, pameran internasional MAKS beberapa kali telah menampilkan tim aerobatik tamu dari luar negeri selain tim aerobatik dari Angkatan Kedirgantaraan Rusia sendiri selaku tuan rumah.

Beberapa nama dapat disebut di antaranya adalah Frecce Tricolori dari Italia, Patroulle de France dari Perancis, August 1 dari China, Breitling dari Perancis-Swiss, Al Fursan dari Uni Emirat Arab, Baltic Bees dari Latvia, dan ANBO dari Lithuania.

Mengenai Black Eagles, tim aerobatik ini dibentuk oleh RoKAF pada 1949. Pesawat pertama yang digunakan oleh tim aerobatik ini adalah empat pesawat P-51 Mustang.

Tim aerobatik RoKAF ini menggunakan jet latih T-50 Golden Eagle dengan warna hitam berkelir putih di punggung pesawat dan kuning di bagian bawah pesawat.

Dari P-51 Mustang, Black Eagles beralih ke pesawat T-33A, F-86 Sabre, F-5A Freedom Fighter, dan Cessna A-37B Dragonfly.

Black Eagles sempat dibubarkan tahun 2007 dan kemudian dibentuk lagi dengan menggunakan pesawat baru T-50 Golden Eagle buatan Korea Aerospace Industries (KAI) pada 2009.

Sejumlah penghargaan internasional telah diraih oleh Black Eagles. Di antaranya adalah trofi dari Boeing sebagai Best Display pada Waddington International Air Show 2012, Best Overall Flying Demonstration dari King Hussein Memorial Sword (2012), dan The Crow Flies Tropy pada Royal International Air Tattoo (2012).

Roni Sontani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *