Saab telah mengirimkan pesawat GlobalEye kedua kepada UEA

Saab
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Saab telah mengirimkan pesawat “GlobalEye” Swing Role Surveillance System (SRSS) kedua pesanan Uni Emirat Arab (UEA) pada 30 September 2020. Pesawat pertama telah diserahkan pada April 2020 dan telah digunakan oleh Angkatan Udara UEA (UAEAF).

Secara keseluruhan, UAE pada akhir 2015 memesan tiga unit pesawat peringatan dini dan kontrol (AEW&C) Saab GlobalEye.

Boeing_contoh2

Pesawat kedua GlobalEye pesanan UAE ini melaksanakan penerbangan perdana di Linköping, Swedia pada 3 Januari 2019. Pesawat waktu itu mengudara selama 2 jam 54 menit.

GlobalEye merupakan platform AEW&C andalan yang ditawarkan Saab, Swedia untuk melaksanakan pengawasan udara, maritim, dan darat dalam satu solusi.

GlobalEye memiliki kemampuan jangkauan radar yang lebih jauh dari Erieye, sehingga disebut juga sebagai Erieye Extended Range radar. Perangkat ini dipasang pada pesawat jet eksekutif jarak jauh Global 6000 buatan Bombardier, Kanada.

Erieye ER atau GlobalEye adalah radar multi-mode S-band jenis AESA (active electronically scanned array).

Sistem radar ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi target udara dalam cuaca buruk maupun melacak target maritim seukuran jet ski pada jarak yang sangat jauh.

Dalam paket GlobalEye yang dibeli oleh UEA, terpasang juga radar pencarian maritim AESA, Seaspray buatan Leonardo dan sensor elektro-optik sistem FLIR.

Satu unit pesawat GlobalEye yang dibeli oleh UEA bernilai sekitar 238 juta dolar AS.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *